Bahasa Inggris

VISI

“Pada Tahun 2024 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka dalam pemakaian Bahasa Inggris di bidang industri hospitaliti tingkat internasional.”

MISI

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris di bidang industri hospitaliti;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mampu melakukan pekerjaan dan berwirausaha di bidang industri hospitaliti;
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian terapan di bidang ilmu kebahasaan yang mendukung dunia industri hospitaliti;
  4. Menerapkan hasil-hasil penelitian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan industri hospitaliti

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya professional yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis yang menunjang industri hospitaliti;
  2. Menghasilkan tenaga ahli madya professional yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan rutin di industri hospitaliti sesuai standar nasional dan/atau internasional;
  3. Menghasilkan tenaga ahli madya professional yang mampu berwirausaha di industri hospitaliti sesuai dengan standar nasional dan/atau international;
  4. Mengembangkan dan menciptakan karya-karya baru yang mendukung industri hospitaliti;
  5. Melakukan pelayanan terhadap masyarakat dunia industri hospitaliti berupa berbagai bentuk kerjasama yang menunjang dunia industri hospitaliti.

SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Memenuhi lapangan kerja di bidang industri hospitaliti: – Minimal 80% lulusan memiliki IPK ≥ 3,00 – Minimal 80% lulusan memiliki nilai TOEIC ≥ 450
  2. Agar mampu melakukan pekerjaan rutin di industri hospitaliti sesuai standar nasional dan/atau internasional maka; – Setiap mahasiswa mengikuti Praktek Kerja Lapangan selama minimal 2 (dua) bulan – Setiap mahasiswa minimal memiliki satu sertifikasi keahlian yang dikeluarkan oleh lembaga resmi nasional dan/atau internasional
  3. Minimal 10% mahasiswa berkompetisi dalam program-program kewirausahaan mahasiswa
  4. Meningkatkan jumlah penelitian terapan dan pengabdian yang terlaksana minimal 2 (dua) kegiatan per tahun
  5. Berpartisipasi pada setiap kegiatan kepariwisataan minimal 2 (dua) kali setahun dalam even-even regional/nasional yang diselenggarakan di Sumatera Selatan
  6. Setiap mahasiswa berpartisipasi mengikuti Daily Worker minimal 2 (dua) kali dalam satu semester
  7. Menjalin kerjasama antara jurusan Bahasa Inggris Polsri dengan industri hospitaliti minimal 1 (satu ) perusahaan dalam satu tahun
  8. Minimal 80% masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang pertama kali ≤ 3 bulan
  9. Mengambil bagian minimal setahun sekali dalam kegiatan promosi pariwisata di Sumatera Selatan

STRATEGI UNTUK MENCAPAI SASARAN

  1. Menyelenggarakan program Peer Mentoring;
  2. Memonitor kehadiran dosen dan mahasiswa untuk mencapai minimal kehadiran ≤ 90%;
  3. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk memperoleh sertifikasi keahlian dari lembaga nasional dan/atau internasional melalui kuliah umum;
  4. Memantau Kegiatan Advisory Board Committee (Komite Penasehat Akademik);
  5. Memotivasi mahasiswa mengikuti Daily Worker;
  6. Mengadakan kompetisi antar kelas di bidang ketrampilan berkomunikasi 1 (satu) kali dalam 1 (satu) semester.
  7. Menyelenggarakan Test Sertifikasi Bahasa Inggris bagi dosen Bahasa Inggris.
  8. Menyelenggarakan Kuliah Umum di bidang kewirausahaan/hospitaliti.

PROFIL LULUSAN

  1. Fasih berbahasa Inggris
  2. Mempunyai pengetahuan dunia kerja bidang industri hospitaliti
  3. Lulusan program D3 Jurusan Bahasa Inggris POLSRI secara umum mampu bersaing dalam masyarakat untuk menjadi:

a. Front Office Supervisor

b. Room/floorSupervisor

c. PublicAreasupervisor

d. Food and Beverage Product Supervisor

e. Food and Beverage Service Supervisor

f. Restaurant Captain

g. Restaurant Supervisor

h. Tour Leader

i. Professional Conferenceorganizer

j. Event Organizer

k. Tour Guide

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1. SIKAP

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

i. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

k. Mampu bersikap dan berperilaku dalam masyarakat dan dalam karirnya sesuai dengan norma yang berlaku;

2. PENGUASAAN PENGETAHUAN

a. Menguasai kaidah bunyi Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;

b. Menguasai kaidah leksikal / pembentukan kata Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;

c. Menguasai kaidah sintaktik Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;

d. Menguasai kaidah sosial / makna tersirat dan tersurat secara baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;

e. Menguasai kaidah struktur sosial yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;

f. Menguasai konsep lintas budaya sehingga dapat mengaplikasikannya di lingkup sosial dan pekerjaan;

g. Menguasai pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mengaplikasikannya di bidang pekerjaan;

h. Menguasai pengetahuan komunikasi.

4. KETERAMPILAN UMUM

a. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;

b. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;

c. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;

d. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;

e. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;

f. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

g. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;

h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi..

4. KETERAMPILAN KHUSUS

a. mampu mengerti penjelasan yang berhubungan dengan pekerjaan rutin dalam sebuah percakapan;

b. mampu mengerti pengumuman tentang perjalanan;

c. mampu memahami percakapan dalam lingkup yang terbatas;

d. mampu mendeskripsikan uraian tugas dan latar belakang akademis yang mereka (mahasiswa yang bersangkutan) miliki;

e. mampu mendiskusikan proyek yang sudah dikerjakan dan yang akan dikerjakan;

f. mampu melakukan percakapan telepon yang berkaitan dengan pengaturan perjalanan;

g. mampu mengerti manual teknis untuk tingkat pemula;

h. mampu mengerti dokumen teknis yang lebih sulit dengan bantuan kamus;

i. mampu membaca agenda untuk sebuah rapat;

j. mampu menulis catatan pendek, petunjuk arah, dan membuat daftar-daftar;

k. mampu menulis rincian, memo, surat atau laporan;

l. mampu menulis surat keluhan;

m. mampu menulis deskripsi suatu proses sebuah kegiatan;

n. mampu menulis formulir-formulir aplikasi yang sederhana;

o. mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris tulisan (membaca dan menulis) dengan menerapkan kaidah-kaidah bahasa Inggris dan strategi komunikasi yang baik dan benar sehingga dapat berkomunikasi dengan efektif dalam lingkup sosial dan pekerjaan;

p. mampu menerapkan etika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris lisan (menyimak dan berbicara) dengan menggunakan konsep lintas budaya sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial dan pekerjaan;

q. mampu menerapkan etika berkomunikasi dalam bahasa Inggris tulisan (membaca dan menulis) dengan menggunakan konsep lintas budaya sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial dan pekerjaan;

r. mampu menggunakan berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi secara tepat guna untuk menunjang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hospitaliti.