A. Visi
Pada Tahun 2024 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka dalam pemakaian Bahasa Inggris di bidang industri hospitaliti tingkat internasional.
B. Misi
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris di bidang industri hospitaliti;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mampu melakukan pekerjaan dan berwirausaha di bidang industri hospitaliti;
- Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian terapan di bidang ilmu kebahasaan yang mendukung dunia industri hospitaliti;
- Menerapkan hasil-hasil penelitian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan industri hospitaliti
C. Tujuan Pendidikan
- Menghasilkan tenaga ahli madya professional yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis yang menunjang industri hospitaliti;
- Menghasilkan tenaga ahli madya professional yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan rutin di industri hospitaliti sesuai standar nasional dan/atau internasional;
- Menghasilkan tenaga ahli madya professional yang mampu berwirausaha di industri hospitaliti sesuai dengan standar nasional dan/atau international;
- Mengembangkan dan menciptakan karya-karya baru yang mendukung industri hospitaliti;
- Melakukan pelayanan terhadap masyarakat dunia industri hospitaliti berupa berbagai bentuk kerjasama yang menunjang dunia industri hospitaliti.
D. Sasaran Program Studi
- Memenuhi lapangan kerja di bidang industri hospitaliti: – Minimal 80% lulusan memiliki IPK ≥ 3,00 – Minimal 80% lulusan memiliki nilai TOEIC ≥ 450
- Agar mampu melakukan pekerjaan rutin di industri hospitaliti sesuai standar nasional dan/atau internasional maka; – Setiap mahasiswa mengikuti Praktek Kerja Lapangan selama minimal 2 (dua) bulan – Setiap mahasiswa minimal memiliki satu sertifikasi keahlian yang dikeluarkan oleh lembaga resmi nasional dan/atau internasional
- Minimal 10% mahasiswa berkompetisi dalam program-program kewirausahaan mahasiswa
- Meningkatkan jumlah penelitian terapan dan pengabdian yang terlaksana minimal 2 (dua) kegiatan per tahun
- Berpartisipasi pada setiap kegiatan kepariwisataan minimal 2 (dua) kali setahun dalam even-even regional/nasional yang diselenggarakan di Sumatera Selatan
- Setiap mahasiswa berpartisipasi mengikuti Daily Worker minimal 2 (dua) kali dalam satu semester
- Menjalin kerjasama antara jurusan Bahasa Inggris Polsri dengan industri hospitaliti minimal 1 (satu ) perusahaan dalam satu tahun
- Minimal 80% masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang pertama kali ≤ 3 bulan
- Mengambil bagian minimal setahun sekali dalam kegiatan promosi pariwisata di Sumatera Selatan
E. Strategi untuk Mencapai Sasaran
- Menyelenggarakan program Peer Mentoring;
- Memonitor kehadiran dosen dan mahasiswa untuk mencapai minimal kehadiran ≤ 90%;
- Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan untuk memperoleh sertifikasi keahlian dari lembaga nasional dan/atau internasional melalui kuliah umum;
- Memantau Kegiatan Advisory Board Committee (Komite Penasehat Akademik);
- Memotivasi mahasiswa mengikuti Daily Worker;
- Mengadakan kompetisi antar kelas di bidang ketrampilan berkomunikasi 1 (satu) kali dalam 1 (satu) semester.
- Menyelenggarakan Test Sertifikasi Bahasa Inggris bagi dosen Bahasa Inggris.
- Menyelenggarakan Kuliah Umum di bidang kewirausahaan/hospitaliti.
F. Profil Lulusan
- Fasih berbahasa Inggris
- Mempunyai pengetahuan dunia kerja bidang industri hospitaliti
- Lulusan program D3 Jurusan Bahasa Inggris POLSRI secara umum mampu bersaing dalam masyarakat untuk menjadi:
-
- Front Office Supervisor
- Room/floorSupervisor
- PublicAreasupervisor
- Food and Beverage Product Supervisor
- Food and Beverage Service Supervisor
- Restaurant Captain
- Restaurant Supervisor
- Tour Leader
- Professional Conference Organizer
- Event Organizer
- Tour Guide
-
G. Capaian Pembelajaran
1. SIKAP
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
j. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
k. Mampu bersikap dan berperilaku dalam masyarakat dan dalam karirnya sesuai dengan norma yang berlaku;
2. PENGUASAAN PENGETAHUAN
a. Menguasai kaidah bunyi Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;
b. Menguasai kaidah leksikal / pembentukan kata Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;
c. Menguasai kaidah sintaktik Bahasa Inggris yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;
d. Menguasai kaidah sosial / makna tersirat dan tersurat secara baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;
e. Menguasai kaidah struktur sosial yang baik dan benar sehingga dapat mengaplikasikannya dalam berkomunikasi dalam lingkup sosial dan pekerjaan;
f. Menguasai konsep lintas budaya sehingga dapat mengaplikasikannya di lingkup sosial dan pekerjaan;
g. Menguasai pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mengaplikasikannya di bidang pekerjaan;
h. Menguasai pengetahuan komunikasi.
3. KETERAMPILAN UMUM
a. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
b. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
c. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
d. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
e. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
f. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
g. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi..
4. KETERAMPILAN KHUSUS
a. mampu mengerti penjelasan yang berhubungan dengan pekerjaan rutin dalam sebuah percakapan;
b. mampu mengerti pengumuman tentang perjalanan;
c. mampu memahami percakapan dalam lingkup yang terbatas;
d. mampu mendeskripsikan uraian tugas dan latar belakang akademis yang mereka (mahasiswa yang bersangkutan) miliki;
e. mampu mendiskusikan proyek yang sudah dikerjakan dan yang akan dikerjakan;
f. mampu melakukan percakapan telepon yang berkaitan dengan pengaturan perjalanan;
g. mampu mengerti manual teknis untuk tingkat pemula;
h. mampu mengerti dokumen teknis yang lebih sulit dengan bantuan kamus;
i. mampu membaca agenda untuk sebuah rapat;
j. mampu menulis catatan pendek, petunjuk arah, dan membuat daftar-daftar;
k. mampu menulis rincian, memo, surat atau laporan;
l. mampu menulis surat keluhan;
m. mampu menulis deskripsi suatu proses sebuah kegiatan;
n. mampu menulis formulir-formulir aplikasi yang sederhana;
o. mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris tulisan (membaca dan menulis) dengan menerapkan kaidah-kaidah bahasa Inggris dan strategi komunikasi yang baik dan benar sehingga dapat berkomunikasi dengan efektif dalam lingkup sosial dan pekerjaan;
p. mampu menerapkan etika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris lisan (menyimak dan berbicara) dengan menggunakan konsep lintas budaya sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial dan pekerjaan;
q. mampu menerapkan etika berkomunikasi dalam bahasa Inggris tulisan (membaca dan menulis) dengan menggunakan konsep lintas budaya sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial dan pekerjaan;
r. mampu menggunakan berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi secara tepat guna untuk menunjang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hospitaliti.