Akuntansi Sektor Publik (D4)

[otw_shortcode_tabslayout tabs=”7″ tab_1_title=”Visi” tab_1_icon_type=”general foundicon-star” tab_1_content=”Pada tahun 2020, menjadi penyelenggara pendidikan program sarjana terapan yang unggul dan terkemuka di bidang akuntansi sektor publik dan berdaya saing global.

” tab_2_title=”Misi” tab_2_icon_type=”general foundicon-globe” tab_2_content=”

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran akuntansi sektor publik yang berkualitas sesuai dengan perkembangan teknologi dan organisasi sektor publik.

b. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi sektor publik yang memberikan kontribusi bagi masyarakat dan organisasi sektor publik.

c. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu akuntansi sektor publik.

d. Menjalin kerjasama serta mengembangkan network dengan instansi Pemerintah, BUMN/BUMD, dan swasta.

” tab_3_title=”Tujuan Pendidikan” tab_3_icon_type=”general foundicon-tools” tab_3_content=”

1. Menghasilkan lulusan yang disiplin, beretika, kompeten, dan profesional di bidang Akuntansi Sektor Publik serta memiliki jiwa kewirausahaan.

2. Mengembangkan penelitian terapan dan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa di bidang akuntansi sektor publik dan cabang ilmu yang relevan.

3. Meningkatkan peran dan kontribusi dosen dan mahasiswa program studi Akuntansi Sektor Publik melalui pengabdian untuk menunjang pembangunan nasional.

4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.

5. Membangun kemitraan dan kerjasama dengan organisasi sektor publik, dalam dan luar negeri.

” tab_4_title=”Sasaran Program Studi” tab_4_icon_type=”general foundicon-cloud” tab_4_content=”

1. Menciptakan SDM yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang akuntansi:

a. Minimal 70% IPK lulusan ≥ 3,0.

b. Minimal 30% nilai rata-rata TOEIC ≥ 400.

c. Minimal 50% masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan.

d. Minimal 25% lulusan memiliki sertifikat keahlian.

2. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan untuk menunjang pembangunan nasional.

a. Jumlah penelitian dosen minimal 5 judul per tahun.

b. Jumlah publikasi artikel ilmiah dosen minimal 3 judul per tahun.

c. Jumlah artikel yang diseminarkan secara nasional minimal 3 judul per tahun.

3. Menerapkan pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusi bagi masyarakat melalui pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa.

a. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang terlaksana minimal 3 judul per tahun.

b. Jumlah publikasi artikel ilmiah dosen minimal 2 judul per tahun.

c. Jumlah artikel yang diseminarkan secara nasional minimal 2 judul per tahun.

4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.

a. Jumlah kegiatan terkait ilmu pengetahuan dan teknologi minimal 1 kegiatan/judul per tahun.

b. Jumlah kegiatan mahasiswa di bidang seni, olahraga, dan kewirausahaan minimal 1 kegiatan per tahun.

5. Meningkatkan kerja sama dengan stakeholders Jurusan Akuntansi, khususnya Program Studi Akuntansi Sektor Publik.

a. Meningkatkan kerja sama dan jejaring dengan stakeholders bagi kepentingan pengembangan program studi Akuntansi Sektor Publik.

b. Meningkatkan komunikasi dengan stakeholders guna keperluan magang bagi mahasiswa dan peningkatan kualitas alumni.

” tab_5_title=”Strategi untuk Mencapai Sasaran” tab_5_icon_type=”general foundicon-page” tab_5_content=”

1. Minimal 70% IPK lulusan ≥ 3,0.

a. Mengadakan pelatihan, workshop, lokakarya, dan seminar bagi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan.

b. Menciptakan suasana akademik atmosfir yang kondusif di lingkungan jurusan akuntansi.

c. Mengoptimalkan proses pembelajaran dalam setiap semester dengan 19 kali pertemuan dengan tingkat capaian 85%, dengan pendekatan student center learning.

d. Memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan fasilitas perkuliahan di kelas, laboratorium, dan perpustakaan yang menggunakan kemajuan teknologi dan informasi guna mendukung efektifitas pembelajaran di program studi secara berkala.

e. Meningkatkan intensitas keterlibatan dosen dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan yang diselenggarakan di dalam maupun di luar negeri.

f. Mendorong dosen untuk mengikuti studi lanjut sesuai z bidang keahlian.

2. Minimal 30% nilai rata-rata TOEIC ≥ 400.

a. Pengembangan dan peningkatan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa.

3. Minimal 50% masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan.

a. Pengembangan jejaring dengan instansi pemerintah, dunia industri, dan alumni untuk rekrutmen tenaga kerja.

4. Minimal 25% lulusan memiliki sertifikat keahlian.

a. Pengembangan dan pemberian pelatihan tersertifikasi bagi mahasiswa

b. Mendorong dan mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan sertifikasi keahlian dan atau uji kompetensi.

5. Jumlah penelitian dosen minimal 5 judul per tahun

a. Meningkatkan jumlah dan kualitas hasil penelitian dosen yang berdaya guna bagi kepentingan masyarakat.

b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan metodologi penelitian.

c. Mendorong dosen untuk mengirim proposal hibah penelitian.

d. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan penelitian yang diselenggarakan di dalam dan/atau luar negeri.

6. Jumlah publikasi artikel ilmiah dosen minimal 3 judul per tahun

7. Jumlah artikel yang diseminarkan secara nasional minimal 3 judul per tahun.

a. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi artikel hasil penelitian dosen di tingkat nasional dan/atau internasional.

b. Memotivasi dosen untuk mengirim proposal hibah penelitian.

c. Memfasilitasi pengiriman karya penelitian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.

8. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang terlaksana minimal 3 judul per tahun

a. Meningkatkan jumlah dan kualitas kegiatan pengabdian bagi kepentingan masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa.

b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan pengabdian pada masyarakat.

c. Mendorong dosen untuk mengirim proposal hibah pengabdian.

d. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan pengabdian yang diselenggarakan secara lokal maupun nasional.

9. Jumlah publikasi artikel ilmiah dosen minimal 2 judul per tahun.

a. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi artikel hasil pengabdian dosen di tingkat nasional dan/atau internasional.

b. Memotivasi dosen untuk mengirim proposal hibah pengabdian.

c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya pengabdian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.

10. Jumlah artikel yang diseminarkan secara nasional minimal 2 judul per tahun.

a. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan artikel/karya ilmiah.

b. Mendorong dosen untuk mengirim artikel/karya ilmiah hasil pengabdian pada masyarakat untuk diseminarkan pada kegiatan seminar/konferensi nasional.

c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.

11. Jumlah program kewirausahaan mahasiswa minimal 1 judul per tahun

a. Mengikutsertakan mahasiswa dalam seminar/workshop/pelatihan kewirausahaan

b. Mendorong mahasiswa untuk melakukan kegiatan wirausaha.

c. Mencari informasi dan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan hibah kewirausahaan

12. Jumlah program kreatifitas mahasiswa (PKM) minimal 2 judul per tahun

a. Mendorong dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;

b. Mencari informasi dan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan (seminar, lomba dalam bidang keilmuan / olahraga /seni, dan forum/organisasi kemahasiswaan).

13. Jumlah kegiatan terkait ilmu pengetahuan dan teknologi minimal 1 kegiatan/judul per tahun.

a. Mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan seminar/workshop/pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi dan keahlian yang relevan dengan bidang ilmu akuntansi.

b. Membimbing mahasiswa dalam penyusunan artikel/karya ilmiah.

14. Jumlah kegiatan mahasiswa di bidang seni, olahraga, dan lainnya yang relevan minimal 1 kegiatan per tahun.

a. Mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan olahraga, seni, dan forum/organisasi kemahasiswaan.

15. Meningkatkan pemberdayaan jejaring dengan stakeholders dan alumni bagi kepentingan pengembangan program studi Akuntansi Sektor Publik.

a. Membangun jaringan sosial (social link) secara berkesinambungan dengan instansi pemerintah, alumni, dan institusi tempat alumni bekerja.

b. Melakukan diskusi terkait kebutuhan stakeholders terhadap kompetensi lulusan program studi akuntansi.

c. Melibatkan industri dan alumni sebagai narasumber dalam kegiatan kemahasiswaan di program studi.

16. Meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan stakeholders dan alumni kepentingan guna keperluan magang bagi mahasiswa dan peningkatan kualitas alumni.

a. Menjalin komunikasi yang intens dengan alumni, institusi tempat alumni bekerja, instansi pemerintah, dan pihak lainnya untuk membuka peluang terjadinya kerja sama/magang bagi mahasiswa.

b. Meningkatkan pemberdayaan unit-unit dalam lingkup program studi, dan meningkatkan kepuasan layanan bagi mahasiswa, dosen, karyawan, serta stakeholders lainnya.

” tab_6_title=”Profil Lulusan” tab_6_icon_type=”general foundicon-checkmark” tab_6_content=”- Staf Akuntansi Sektor Publik; – Penyelia Akuntansi Sektor Publik; – Auditor Sektor Publik; – Analis Sistem Informasi Akuntansi Sektor Publik; – Analis kredit pada Sektor Publik; – Manajemen pengadaan barang/jasa pemerintah; – Staf Pajak Departemen Akuntansi Sektor Publik; – Penyelia Pajak Departemen Akuntansi Sektor Publik.

” tab_7_title=”Capaian Pembelajaran” tab_7_icon_type=”general foundicon-mail” tab_7_content=”1.SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religi
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Memiliki kepribadian dan jati diri bangsa,
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,
  9. Menguasai pengetahuan tentang nilai-nilai dan prinsip dari agama yang diyakini.
  10. Menguasai konsep tentang dasar negara Indonesia, prinsip hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hak dan kewajiban warga negara menurut Pancasila,serta kemajemukan dan keanekaragaman Indonesia.
  11. Menguasai kaidah Bahasa Indonesia dan prinsip tata tulis karya ilmiah,
  12. Menguasai prinsip logika, etika, estetika, dan budaya.
  13. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejujuran, dan kewirausahaan.
  14. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  15. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  16. Mampu menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis dan profesi akuntan.

2. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Memiliki pengetahuan tentang prinsip keilmuan yang terkait.
  2. Menguasai pengetahuan tentang perekonomian nasional maupun internasional
  3. Menguasai pengetahuan tentang latar belakang perkembangan akuntansi.
  4. Menguasai konsep teoritis siklus akuntansi dalam pelaporan keuangan.
  5. Menguasai konsep dan prinsip pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan elemen laporan keuangan.
  6. Menguasai standar akuntansi keuangan yang berlaku untuk entitas bisnis.
  7. Menguasai konsep teoritis tentang karakteristik organisasi sektor publik dan jenis-jenis entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  8. Menguasai konsep teoritis kerangka konseptual untuk pelaporan keuangan entitas pemerintah dan organisasi nirlaba
  9. Menguasai standar akuntansi keuangan yang berlaku untuk entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  10. Menguasai konsep teoritis akuntansi perpajakan, aspek hukum perpajakan.
  11. Menguasai peraturan perpajakan untuk individu dan badan, pajak pusat dan pajak daerah.
  12. Menguasai konsep teoritis akuntansi biaya tradisional dan metode akuntansi biaya alternative/modern.
  13. Menguasai konsep teoritis akuntansi pertanggungjawaban dan harga transfer divisional.
  14. Menguasai konsep teorits informasi akuntansi manajerial sebagai dasar untuk perencanaan, pengendalian, penilaian kinerja dan pengambilan keputusan.
  15. Menguasai konsep teoritis dan prosedural penganggaran sektor publik.
  16. Menguasai konsep teoritis dan prosedural kinerja keuangan dan non keuangan entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  17. Menguasai regulasi pengelolaan keuangan Negara dan organisasi nirlaba.
  18. Menguasai konsep teoritis manajemen keuangan pemerintah dan organisasi nirlaba meliputi manajemen kas, piutang, utang, dan penilaian investasi.
  19. Menguasai konsep teoritis sistem akuntansi dan sistem informasi akuntansi.
  20. Menguasai konsep, prosedur, metode, dan teknik analisis laporan keuangan serta penginterpretasian hasil analisis laporan keuangan
  21. Menguasai prinsip aplikasi komputer dan perangkat lunak akuntansi.
  22. Menguasai konsep teoritis tujuan, tahapan dan standar audit pada entitas bisnis
  23. Menguasai konsep teoritis tujuan, tahapan dan standar audit pada organisasi sektor publik
  24. Menguasai konsep teoritis tentang penyajian laporan keuangan untuk masalah akuntansi yang spesifik dengan penekanan pada akuntansi kantor cabang dan kantor pusat, akuntansi perusahaan anak dan perusahaan induk (konsolidasi), dan akuntansi penggabungan usaha
  25. Menguasai konsep teoritis tujuan, tahapan serta standar kebijakan dan pelayanan publik .

3. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan baik dan benar.
  2. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dengan baik dan benar.
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik secara bermutu dan terukur dibidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  4. Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  5. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai dan norma agama, sosial, dan budaya sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedurbaku dan desain.
  6. Mampu menyusun hasil kajian dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  7. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  9. Mampu mengelola data dan informasi sesuai dengan bidang keilmuan dan keahliannya.

4. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menyelesaikan dan menganalisis serta menyajikan beragam data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. Mampu menyajikan laporan keuangan yang tediri atas (a) laporan laba-rugi, (b) laporan perubahan ekuitas, (c) laporan posisi keuangan, (d) laporan arus kas, dan (e) catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum untuk perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala kecil, menengah, maupun besar dan/atau go-public.
  3. Mampu mengidentifikasi transaksi dan melakukan pencatatan akuntansi atas transaksi pemerintah dan organisasi nirlaba berdasarkan dokumen yang relevan secara.
  4. Mampu secara mandiri menyusun buku besar, menyusun neraca percobaan, jurnal penyesuaian dan mengidentifikasi kesalahan pencatatan serta melakukan koreksi atas kesalahan suatu transaksi entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  5. Mampu secara mandiri menyusun Laporan Keuangan entitas pemerintah sesuai standar akuntansi pemerintah dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual.
  6. Mampu secara mandiri menyusun Laporan Keuangan organisasi nirlaba sesuai standar akuntansi yang telah ditentukan dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual.
  7. Mampu secara mandiri menyusun laporan keuangan konsolidasian untuk entitas pemerintah dan konsolidasian untuk organisasi nirlaba sesuai standar akuntansi yang telahditentukan dengan memanfaatkan tekhnologi informasi atau manual.
  8. Mampu menganalisis kesesuaian kebijakan akuntansi dengan standar akuntansi yang berlaku untuk entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  9. Mampu menganalisis dan menginterprestasikan laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi untuk entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  10. Mampu secara mandiri menghitung, menganalisis dan mengevaluasi standar biaya.
  11. Mampu secara mandiri mengidentifikasi proses dalam program dan kegiatan serta menyediakan data biaya dan data keuangan yang dibutuhkan dalam pembuatan anggaran.
  12. Mampu secara mandiri mengolah databiaya dalam rangka berkontribusi dalam menganalisis biaya relevan.
  13. Mampu menghitung rasio kesehatan keuangan terdiri atas rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio kinerja yang meliputi keekonomisan, efisiensi dan efektivitas.
  14. Mampu secara mandiri mencatat dan melaporkan asset pada entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  15. Mampu mengidentifikasi, menghitung dan menyajikan Surat Pemberitahuan (SPT) atas Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi, Pajak Penhasilan (PPh) Badan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), untuk entitas pemerintah dan organisasi nirlaba sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual secara mandiri.
  16. Mampu membuat bukti potong atas PPh pasal 21, 22, 23, 26, dan PPN sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  17. Mampu menyajikan Surat Setoran Pajak (SSP) atas Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) sesuai dengan peraturan dan peundangan yang berlaku.
  18. Mampu menerapkan teknik audit untuk entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  19. Mampu mengevalusasi sistem pengendalian internal untuk merancang sistem informasi akuntansi dibawah supervisi pada entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  20. Mampu menemukan masalah prosedural serta solusi dalam penyusuan laporan keuangan, anggaran dan administrasi perpajakan entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  21. Mampu berkontribusi dalam mengidentifikasi temuan kesalahan dan kecurangan atas transaksi pada entitas pemerintah dan organisasi nirlaba.
  22. Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak(aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah data, aplikasi presentasi dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan, anggaran, administrasi perpajakan dan pengauditan.
  23. Mampu menyajikan laporan keuangan untuk masalah akuntansi untuk masalah akuntasi yang spesifik serta akuntansi kantor cabang dan kantor pusat, akuntansi perusahaan anak dan perusahaan induk (konsolidasi), dan akuntansi penggabungan usaha.
  24. Mampu menerapkan metode penelitian terapan. “][/otw_shortcode_tabslayout]

KUESIONER

Kuesioner pengguna lulusan program studi D4 Akuntansi. Silahkan klik Link kuesioner

Kuesioner pemahaman visi, misi, dan tujuan program studi D4 Akuntansi. Silahkan klik Link Kuesioner

Kuesioner tracer study alumni jurusan akuntansi program studi akuntansi D4 Akuntansi. Silahkan klik Link Kuesioner