Manajemen Informatika (D4)

VISI

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka di bidang teknologi informasi berstandar internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran vokasi secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kompetensi di bidang teknologi informasi;
  2. Menggiatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi informasi;
  3. Meningkatkan kerjasama dengan pihak lain baik dalam dan luar negeri di bidang teknologi informasi yang mendukung peningkatan mutu penyelenggaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  4. Menghasilkan tenaga ahli yang profesional di bidang teknologi informasi yang mampu bersaing secara global.

TUJUAN PENDIDIKAN

Menghasilkan tenaga ahli yang professional yang menguasai pengetahuan dan keterampilan teknologi dibidang teknologi informasi sehingga mampu mengefektifkan dan mengefisiensikan proses bisnis organisasi dengan menggunakan bantuan komputer.

SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Minimal 80% dosen membuat dan merevisi buku ajar dan modul praktikum setiap tahun.
  2. Minimal IPK mahasiswa 3.0 setiap tahun.
  3. Minimal TOEIC 380 sebelum kelulusan mahasiswa.
  4. Minimal 30% alumni mempunyai masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan pada tahun 2020.
  5. Jumlah penelitian inovatif dosen minimal 5 judul per tahun.
  6. Jumlah pengabdian masyarakat terlaksana minimal 5 judul per tahun.
  7. Rasio antara dosen dan mahasiswa 1:12 terpenuhi pada tahun 2020.

STRATEGI UNTUK MENCAPAI SASARAN

a) Strategi untuk Mencapai Sasaran 1

  1. Merancang dan menyusun materi buku ajar setiap mata kuliah yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
  2. Memantau dan mengontrol pembuatan buku ajar dan modul praktikum dosen.
  3. Mengadakan lokakarya dalam penyusunan buku ajar dan modul praktikum dengan mengundang pakar pendidikan vokasi dan industri.
  4. Melakukan kunjungan ke dunia industri agar para dosen menyusun bahan ajar perkuliahan dan modul praktikum sesuai kebutuhan dunia industri

b) Strategi untuk Mencapai Sasaran 2

  1. Merancang dan menyusun materi buku ajar dan modul praktikum yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan dunia industri.
  2. Melakukan pemantauan kegiatan perkuliahan di kelas dan praktikum di laboratorium.
  3. Memberikan pembelajaran di luar perkuliahan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

c) Strategi untuk Mencapai Sasaran 3

  1. Melakukan TOEIC di awal semester 1 dan selanjutnya diberikan perkuliahan selama 4 semester sebelum dilakukan lagi TOEIC di akhir semester 6.
  2. Memotivasi mahasiswa agar meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.
  3. Menciptakan iklim akademik berbahasa inggris yang kondusif di lingkungan program studi D4 manajemen informatika.

d) Strategi untuk Mencapai Sasaran 4

  1. Menjalin kerjasama dengan pihak industri;
  2. Meningkatkan komunikasi dengan alumni yang sudah bekerja;
  3. Memberikan pembekalan kepada semua calon alumni.

e) Strategi untuk Mencapai Sasaran 5

  1. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang penelitian;
  2. Melaksanakan pelatihan bagi dosen tentang metode penilitian;
  3. Mendatangkan dosen tamu yang sesuai dengan kompetensinya di bidangnya.

f) Strategi untuk Mencapai Sasaran 6

  1. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang pengabdian kepada masyarakat;
  2. Memberikan pelatihan bagi dosen tentang pengabdian kepada masyarakat.

g) Strategi untuk Mencapai Sasaran 7

  1. Menerima calon dosen melalui jalur tes CPNS.
  2. Mengarahkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi untuk menjadi dosen.

PROFIL LULUSAN

Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan kepribadian beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, bertanggung jawab, memiliki integritas ilmiah, jujur, berbudi pekerti dan berkepribadian yang luhur, berjiwa teladan dan memiliki motivasi dan kesadaran untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya di bidang teknologi informasi. Hasil pendidikan juga diharapkan mampu memahami dan menguasai pendekatan, metode, kaidah ilmiah serta keterampilan dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan manajemen informatika.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1. SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

2. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai pengetahuan konsep dasar secara teori di bidang teknologi informasi seperti perangkat lunak, perangkat keras, dan infrastrukur jaringan komputer.
  2. Menguasai pengetahuan dasar-dasar pemrograman dan bahasa pemrograman dalam pembuatan perangkat lunak.
  3. Menguasai pengetahuan bidang ekonomi, akuntansi, dan manajemen perusahaaan sebagai objek implementasi penerapan bidang teknologi informasi.
  4. Menguasai matematika sebagai pemodelan sistem di bidang ekonomi dan komputer.
  5. Menguasai pengetahuanmenganalisis kebutuhan-kebutuhan pembuatan sistem informasi.
  6. Menguasaipengetahuan menganalisis proses bisnis yang terjadi di perusahaan.
  7. Menguasaiperancangan dan pembuat program aplikasi bisnis dalam berbagai lingkungan seperti desktop, web, dan mobile yang digunakan untuk efektvitas dan efisiensi perusahaan.
  8. Menguasai notasi dan standardisasi internasional perancangan sistem informasi.
  9. Menguasasi konsep basisdata sebagai media penyimpanan data sebuah sistem informasi.
  10. Menguasai pengetahuan metode-metode pengembangan pembuatan dan pengolahan sistem informasi dari fase awal sampai dengan implementasi sistem informasi tersebut.
  11. Menguasai pengetahuan sistem informasi berkemampuan tinggi.
  12. Menguasai dan mengetahui teknologi-teknologi terbaru pemrograman dan basisdata.
  13. Menguasai pengetahuan khusus di bidang perbankan dan industri.
  14. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan secara mandiri dan berkelompok

3. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengoperasikan dan meng-instal system operasi komputer.
  2. Mampu dan menguasai menggunakan perangkat lunak komputer pengolahan data di bidang bisnis.
  3. Mampu dan menguasai menggunakan aplikasi komputer multimedia sebagai penunjang pembuatan perangkat lunak.
  4. Mampu membuat program-program sederhana dengan Bahasa pemrograman.
  5. Mampu membuat aplikasi computer berbentuk desktop dan web.
  6. Mampu membuat basisdata sebagai tempat penyimpanan data dalam sebuah sistem informasi.
  7. Mampu membuat jaringan komputer secara lokal dan memanfaatkan media internet.

4. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu membuat perangkat lunak dalam berbagai bentuk seperti desktop, web, dan mobile yang dapat beroperasi di berbagai lingkungan.
  2. Mampu menerapkan teknologi-teknologi pemrograman terbarukan dalam pengembangan perangkat lunak.
  3. Mampu membuat basisdata dengan teknologi keamanan tinggi.
  4. Mampu mengoperasikan aplikasi khusus akuntansi.
  5. Mampu merancang jaringan komputer berbasiskan sistem keamanan komputer.
  6. Mampu menerapkan manajemen proyek pengembangan sistem informasisecara efektif dan efisien.
  7. Mampu mengembangkan sistem informasi sesuai dengan notasi dan standar yang telah baku.
  8. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi secara professional.