Rayakan Dies Natalis ke-41 Polsri Kukuhkan Dua Orang Guru Besar Bidang Energi dan Lingkungan

Palembang, 08 November 2023. Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) mengukuhkan 2 (dua) orang Guru Besar dalam bidang Energi dan Lingkungan yaitu Prof. Dr. Yohandri Bow, S.T., M.S. dan  Prof. Dr. Ir. Leila Kalsum, M.T. Acara pengukuhan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan dies natalis ke-41 Polsri yang digabungkan dengan sidang khusus senat terbuka, yang diselenggarakan di gedung Graha Pendidikan pada hari Rabu, 08 November 2023.

Kegiatan dies natalis Polsri ke-41 mengusung tema “Kolaborasi dan Sinergitas Polsri dalam Harmoni Menuju Rekognisi Internasional” acara dimulai pukul 08.00 WIB, dibuka langsung oleh ketua senat Polsri Dicky Seprianto, S.T., M.T., IPM. yang dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan,Riset, dan Teknologi oleh Wakil Direktur I bidang Akademik, Carlos, S.T., M.T.

Dalam sambutan dari Direktur Polsri Dr. Ing Ahmad Taqwa, M.T. menyampaikan “Di era MBKM, yang merupakan bagian dari Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mahasiswa diberikan hak untuk belajar di luar Program Studi sesuai dengan Permendikbud No.3 Tahun 2020” Ujarnya.

“MBKM menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini memberikan kebebasan belajar bagi mahasiswa untuk mengejar pendidikan dan pelatihan dimana saja termasuk ke luar negeri, yang tentunya secara signifikan memperluas cakrawala pembelajaran  sebagai persiapan mahasiswa untuk berhasil memasuki dunia kerja” Lanjutnya.

“Kami menyadari bahwa perubahan di dunia usaha dan industri begitu cepat terjadi. Untuk itu Polsri secara terus-menerus menyesuaikan kurikulum dengan memelihara hubungan baik dengan industri agar kurikulum Polsri selaras dengan kebutuhan industri” Ujarnya.

Ahmad Taqwa juga menyampaikan bahwa “Saat ini tim dari Polsri dan Juga Polman BaBel telah melakukan pendekatan-pendekatan dengan beberapa instansi, baik dengan Pemerintahan, Industri, dan Sekolah-Sekolah Vokasi termasuk SMK dan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV)” Ungkapnya.

Harapannya “Dengan semangat Dies Natalis ke-41, mari bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan Polsri yang Unggul dan Terkemuka. Kami mengajak semua pihak untuk bersinergi, bekerjasama, dan mendukung kesuksesan Polsri. Dengan prestasi yang telah dicapai dan kerja sama yang kokoh, kami yakin Polsri akan semakin kuat dalam mendukung kemajuan Indonesia. Bersama, kita akan membentuk Polsri yang tangguh, relevan, dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa”.

Setelah penyampaian pidato oleh Direktur Polsri dilanjutkan dengan kata sambutan dari PJ Gubernur Sumatera Selatan, yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumsel, Prof. Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos., MM. yang dalam pidatonya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan dan apresiasi terhadap pencapaian Polsri saat ini. Beliau juga mengucapkan selamat kepada kedua Guru Besar Polsri yang dikukuhkan pada hari itu.

Dalam rangkaian acara tersebut juga kedua Guru Besar yang dilantik menyampaikan orasi ilmiah nya, yakni Prof. Dr. Yohandri Bow, S.T., M.S. dengan Judul “Sensor Elektrokimia: Molecularly Imprinted Polymers dan Aplikasinya” dan Prof. Dr. Ir. Leila Kalsum, M.T. dengan Judul “Biogas Upgrading Menggunakan Fixed Dome Digester Dan Packed Bed Scrubber Dengan MEA Sebagai Absorbent”.

Setelah penyampaian orasi ilmiah, dilaksanakan Pengukuhan dan Pengalungan Tanda Profesor/Guru Besar, yang merupakan inti dari acara tersebut dan dilanjutkan dengan penutupan sidang khusus senat terbuka oleh Ketua Senat dan foto bersama.