Polsri Raih Juara dalam Kompetisi Inovasi Bidang Pertanian AITeC Ke-5 di Kupang NTT

Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian atau Aqricultural Innovation Tecnology Competition (AITeC 5) pada tahun 2023 ini diselenggarakan di Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) Lingkup Vokasi Se-Indonesia. Kegiatan AITeC 5 dibuka secara resmi oleh Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia ibu Dr.Ir Kiki Yuliati, M.Sc dan dihadiri juga oleh ketua BAKORMA Bapak Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT.

Tujuan dari terselenggaranya lomba AITeC 5 ini adalah untuk memberikan wadah mahasiswa dalam berinovasi, meningkatkan kompetensi diri, meningkatkan kreativitas dan kualitas produksi dibidang pertanian serta meningkatkan kualitas hubungan dan kerjasama antar perguruan tinggi vokasi bidang pertanian Indonesia. Tema Kompetisi AITeC 5 di Politeknik Pertanian Negeri Kupang yaitu “Inovasi Teknologi Untuk Meningkatkan Mutu Produk dan Daya Saing Dalam Bidang Pertanian Semi Ringkai Menuju Pertanian Berbasis Teknologi 4.0”

Perlombaan AITeC 5 diselenggarakan pada tanggal 26-27 Oktober 2023 di Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang.  Peserta lomba AITeC 5 diikuti oleh 29 Politeknik seluruh indonesia dan delegsi mahasiswa Instituto Politecnica The Betano (IPB) Timor Leste dengan jumlah peserta lomba sebanyak 258 orang. Lomba AITeC 5 terdiri dari Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang pertanian (Agricultural Innovation TechnologyCompetition) dan Kontes Vokasi Bidang Pertanian (Agricultural Vocation Skill Contest) yang terdiri dari 13 cabang lomba yaitu, teknik proses filet ikan, teknik pembuatan bakso ikan, formulasi pakan ikan, formulasi pakan ternak, teknik okulasi tanaman, packing benih ikan, handling ternak, sortasi kopi, penyuluhan pertanian, karkas ayam, desain alat dan mesin (alsin) pertanian dengan AutoCAD, survey dan pemetaan, teknik pengambilan sampel darah ikan.

Dalam lomba AITeC 5 Politeknik Negeri Sriwijaya mengirimkan 12 mahasiswa untuk mengikuti 8 cabang lomba dalam Kontes Vokasi Bidang Pertanian yaitu sortasi kopi, handling ternak, formulasi pakan ternak, okulasi tanaman, desain alat dan mesin pertanian dengan AutoCAD, pemetaan lahan, penyuluhan pertanian dan packing benih ikan.Dalam perlombaan AITeC tahun sebelumnya Politeknik Negeri Sriwijaya Hanya mengikuti 1 cabang lomba yaitu Lomba Desain alat dan mesin pertanian dengan AutoCAD dan pada AITeC 5 2023 ini Polsri mengikuti 8 Cabang Lomba Kontes Vokasi Bidang Pertanian dikarenakan sudah terbentuknya program studi baru di Politeknik Negeri Sriwijaya yaitu Program Studi Teknologi Pangan yang pada saat ini ada di bawah Jurusan Teknik Kimia dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan yang saat ini ada di bawah Jurusan Teknik Sipil. Dalam AITeC 5 ini merupakan keikut sertaan perdana bagi mahasiswa dan mahsiswi Polsri dari Prodi yang baru terbentuk, walaupun sebagai pengalaman pertama untuk mengikuti cabang lomba kontes vokasi namun Polsri berhasil meraih beberapa juara dari setiap cabang lomba. Berikut adalah hasil dan juara yang diraih dari perlombaan Kontes Vokasi Bidang Pertanian :

  1. Desain Alat Dan Mesin Pertanian Dengan Auto CAD :
    • Juara 3 Kompeten : Abdi Muhammad ( Teknik Mesin/D4 Teknik Mesin Produksi Dan Perawatan)
    • Juara 1 Efektif : Muhammad Firliansyah (Teknik Mesin/D4 Teknik Mesin Produksi Dan Perawatan
  2. Formulasi Pakan Ternak
    • Juara 3 Pemula : Bogie Lesmana (Teknik Kimia/D4 Teknologi Kimia Industri)
  3. Penyuluhan Pertanian
    • Juara 3 Pemula : Fathur Rahman (Teknik Kimia/D4 Teknik Energi)
  4. Handling Ternak
    • Juara 2 Menguasai : Ariyanto Hadi Wijaya & Muhammad Al-Chapis Abdilla Tanjung (Teknik Kimia/D4 Teknologi Kimia Industri)
  5. Packing Benih Ikan
    • Juara 3 Menguasai : Aprianto (Akuntansi/D4 Akuntansi Sektor Publik)
  6. Sortasi Biji Kopi
    • Juara 1 Efektif : Riski Hidayat (Teknik Sipil/D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan)
    • Juara 3 Efektif : Septri Lestari (Teknik Sipil/D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan)
  7. Survey Dan Pemetaan Lahan
    • Juara 1 Efektif : Rizky Amanda (Teknik Sipil/D4 Perancangan Jalan Jembatan) & Safira Dwi Andini (Teknik Sipil/D3 Teknik Sipil)
  8. Okulasi Tanaman
    • Juara 2 Pemula : Chayrudin (Teknik Sipil/D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan)

Abdi Muhammad juara kompeten 3 desain Alsin pertanian dengan AutoCAD mengatakan bahwa selama proses final lomba sangat bersaing dengan tim dari Politeknik lainnya, karena peserta lomba dari politeknik lain termasuk yang sudah memiliki pengalaman dalam cabang lomba desain alat dan mesin pertanian dengan AutoCAD sehingga dapat merasakan adanya kompetisi dan meningkatkan semangat untuk lebih belajar kembali.

Selain itu juga, bogie lesmana juara 3 pemula formulasi pakan ternak mengatakan bahwa dalam lomba formulasi pakan ternak merupakan perlombaan yang baru saya ikuti sehingga dalam lomba ini saya bertemu dengan teman-teman yang juga telah memiliki pengalaman dan saya sangat antusias untuk bisa lebih giat belajar lagi. Selain berkompetisi kami juga menambah teman dari 29 politeknik lainnya sehingga dapat menambah jejaring pertemanan