Rabu (02/08/2023), Politeknik Negeri Sriwijaya memperoleh kesempatan untuk hadir pada event Indonesian Game Development Exchange (IDGX) yang diselenggarakan oleh Kominfo di Bali pada Bulan Oktober 2023. Adapun kesempatan tersebut diperoleh oleh Polsri dikarenakan meraih juara 2 pada kategori pengembangan aplikasi permainan dalam Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-5 yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada tanggal 31 Juli – 03 Agustus 2023.
Pelaksanaan KMIPN ke-5 dibuka secara resmi oleh Direktur PENS dan BAKORMA pada tanggal 01 Agustus 2023. Dalam pembukaan tersebut diiringi dengan acara hiburan dan kata sambutan dari Bakorma, Ketua Senat dan Direktur PENS. Setelah acara pembukaan berlangsung, masing – masing finalis diajak kembali ke ruangan masing – masing per kategori untuk mendapatkan giliran dalam melakukan implementasi dan demo hasil karya yang telah dibuat di hadapan para juri.


Dalam kompetisi KMIPN yang berada dibawah naungan Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) tersebut Polsri mengirimkan 11 tim yang terdiri dari; 1 tim animasi, 2 tim pengembangan aplikasi permainan, 2 tim cipta inovasi bidang TIK, 1 tim IoT, 1 tim keamanan siber, 1 tim hackaton, 1 tim E-Government, dan 2 tim pengembangan bisnis TIK, adapun 8 kategori yang diselenggarakan dalam pelaksanaan kategori KMPIN terdiri dari :
- Kategori Animasi
- Kategori Pengembangan Aplikasi Permainan
- Kategori Cipta Inovasi TIK
- Kategori Internet of Things
- Kategori Keamanan Siber
- Kategori Hackaton
- Kategori E-Government
- Pengembangan Bisnis TIK
Dari kategori KMIPN tersebut Polsri meraih perolehan juara pada
- Juara 2 Kategori Animasi
- Best Poster Juara 1 Cipta Inovasi
- Best Poster Juara 3 Cipta Inovasi
- Juara 2 Pengembangan aplikasi permainan dan Undangan VIP Event IDGX Kominfo 2023
- Juara Harapan Kategori Internet of Things
- Juara 3 Kategori E-Government


Adapun juara umum pada pelaksanaan KMIPN ke-5 Tahun 2023 ini diperoleh oleh tuan rumah yaitu PENS. Selamat kepada para pemenang lomba KMIPN, semoga dapat menginspirasi teman – teman mahasiswa yang lain untuk ikut berkimpetisi pada tahun yang akan datang, dan mengimplementasikan karya – karya tersebut agar berguna bagi masyarakat.
