Politeknik Negeri Sriwijaya Siap Menjadi PK-BLU

Pada hari senin tanggal 20 Februari 2023, Politeknik Negeri Sriwijaya bersama dengan peserta lainnya yaitu Politeknik Negeri Pontianak mengikuti penilaian penetapan PK-BLU yang dihadiri oleh Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara, Kemendikbudristek yaitu bapak Faisal Syahrul, S.E., M.Pd., Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yaitu bapak Saryadi, S.T., MBA dan tim dari kemendikbudristek, Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, serta tim penilai dari kementerian keuangan

Penilaian Penetapan PK-BLU tersebut dibuka oleh bapak Faisal Syahrul, S.E., M.Pd., yang dimoderator oleh Ibu Ana dari Kemendikbudristek. Menurut bapak Faisal Syahrul, S.E., M.Pd., Kebijakan mendikbudristek adalah mendorong satuan kerja di lingkungan kemendikbudristek yang memenuhi syarat untuk menjadi Satker BLU atau yang sudah mampu menjadi PTN BH – Sehingga PTN yang bersangkutan mampu meningkatkan layanan kepada masyarakat, dan dengan praktek bisnis yang baik serta fleksibilitas yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan, kualitas dan mutu dari hasil pendidikan ini dapat lebih baik.

Saat ini jumlah unit kerja di lingkungan direktorat jendral pendidikan vokasi yang telah mendapatkan predikat blu ada 11, 9 diantaranya diperoleh dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, tentu ini merupakan sebuah perjuangan yang layak diapresiasi, apresiasi tersebut juga disampaikan atas bimbingan dari biro keuangan kemendikbudristek dan direktorat PPK-BLU . “Kami akan selalu berkomitmen untuk mendorong teman – teman di lingkungan direktorat jendral pendidikan vokasi untuk bertransformasi menjadi BLU sesuai dengan kriteria- kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya” Ujar pak Saryadi, S.T., MBA. Beliau berharap pada tahun 2024 akan ada 14 unit kerja sebagai target untuk menjadi Satker BLU.

Dalam kegiatan tersebut Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU), DJPb, Kementerian Keuangan Agung Yulianta juga mengatakan “BLU bukanlah sebuah tujuan, melainkan cara untuk meningkatkan layanan”

Dalam kesempatan tersebut Dr.Ing.Ahmad Taqwa, M.T.  selaku Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya menyampaikan paparannya terkait dengan profil dan pencapaian dari Politeknik Negeri Sriwijaya selama 20 menit, dan dilanjutkan oleh Direktur Politeknik Negeri Pontianak, yaitu Dr. Ir. H. Muhammad Toasin A., M.Si. Kemudian dilakukan pembahasan lebih mendalam oleh tim penilai dari kementerian keuangan dan PPK BLU. Harapannya semoga Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Pontianak segera menjadi Satker BLU sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan dapat meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan.