Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Sriwijaya dilaksanakan dengan menggunakan beberapa jalur. Berikut jalur penerimaan yang sedang dilaksanakan dan pernah dibuka.

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi baik Universitas Negeri maupun Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Mulai tahun 2021, Politeknik menerima mahasiswa Sarjana Terapan melalui jalur SNMPTN, sedangkan untuk mahasiswa Diploma 3 melalui jalur SNMPN.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs https://snmptn.polsri.ac.id dan ltmpt.ac.id

Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Mulai tahun 2021, jalur Politeknik Negeri bergabung dengan jalur ini untuk menerima mahasiswa Sarjana Terapan.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs https://sbmptn.polsri.ac.id dan ltmpt.ac.id

Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) atau dulunya bernama PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas . Mulai tahun 2021, jalur SNMPN hanya menerima mahasiswa Diploma 3, sedangkan untuk Sarjana Terapan atau D4 melalui jalur SNMPTN.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs https://snmpn.polsri.ac.id.

Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri) dulunya bernama UMPN merupakan ujian bersama yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia dengan pola ujian tulis dengan waktu pelaksanaan ujian serentak dengan waktu dan hari yang sama. Mulai tahun 2021, jalur SBMPN hanya menerima mahasiswa Diploma 3, sedangkan untuk Sarjana Terapan atau D4 melalui jalur SBMPTN.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs https://sbmpn.polsri.ac.id

Jalur Seleksi Masuk Mandiri (SMM)

Jalur Seleksi Masuk Mandiri (SMM) merupakan seleksi dengan biaya mandiri diperuntukkan bagi calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Sriwijaya. Polsri menerima mahasiswa Sarjana Terapan dan Diploma 3 melalui jalur smm.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SMM UTBK dapat diakses melalui situs http://smm.polsri.ac.id.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah)

KIP kuliah atau kartu KIP kuliah, ini adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pihak pemerintah, bagi lulusan Sekolah Menengah Atas / SMA atau yang sederajat, yang mempunyai potensi akademik baik, tapi mempunyai kendala dalam hal ekonomi. Pemberian KIP kuliah ini, berbeda dengan beasiswa, yang hanya berfokus pada pemberian penghargaan atau juga dukungan dana, pada mereka yang berprestasi saja.

Selain itu, syarat prestasi pada KIP sendiri, lebih ditujukan untuk menjamin bahwa kamu yang akan menerima KIP kuliah nantinya benar-benar terseleksi, dan mempunyai potensi serta kemampuan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi tersebut.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

UMPN merupakan ujian bersama yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia dengan pola ujian tulis dengan waktu pelaksanaan ujian serentak dengan waktu dan hari yang sama. Berubah menjadi SBMPN.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://umpn.polsri.ac.id.

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri (PMDK-PN)

Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) atau dulunya bernama PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas . Sudah diganti menjadi SNMPN

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://pmdk.polsri.ac.id.

Jalur Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Berubah menjadi beasiswa KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah)

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://bidikmisi.dikti.go.id

Jalur Kerjasama

Jalur Kerjasama merupakan seleksi masuk yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan baik dalam pembiayaan mahasiswa maupun materi ajar.

Jalur Kerjasama dengan PT. PLN

Merupakan penerimaan mahasiswa untuk kelas kerjasama antara Polsri dengan PT. PLN.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://pln.polsri.ac.id

Jalur Kerjasama dengan PT. Garuda Maintenace Facilities (GMF)

Merupakan penerimaan mahasiswa untuk kelas kerjasama antara Polsri dengan PT. Garuda Maintenance Facilities (GMF).

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://gmf.polsri.ac.id

Jalur Kerjasama PT. Trias Indra Saputra

Merupakan penerimaan mahasiswa untuk kelas kerjasama antara Polsri dengan PT. Trias Indra Saputra.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://trias.polsri.ac.id

Jalur Kerjasama dengan Management Science University

Merupakan penerimaan mahasiswa untuk kelas kerjasama antara Polsri dengan Management and Science University (MSU) Malaysia.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://msu.polsri.ac.id

Jalur Program Studi Di Luar Domisili (PDD)

Jalur ini merupakan penerimaan mahasiswa baru yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam upaya merintis pementukan Akademi Komunitas Negeri di masing-masing kota. Pemerintah daerah yang pernah dan masih bekerjasama dengan Polsri dalam melaksanakan PDD diantaranya adalah Pemerintah Kota Prabumulih, Pemerintah Kabupaten Siak Riau, Pemerintah Kota Pangkal Pinang, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://pdd.polsri.ac.id.

Jalur Alih Jenjang (Sarjana Terapan)

Jalur ini diperuntukkan bagi alumni diploma tiga untuk dapat melanjutkan studi menjadi sarjana terapan atau diploma empat.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs http://alihjenjang.polsri.ac.id.

Jalur Magister Terapan (S2 Terapan)

Program Studi Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan Porgam Magister Terapan multi disiplin yang mampu mempersiapkan para profesional, kalangan akademisi maupun lembaga riset untuk menjawab isu-isu terkini yaitu energi baru dan terbarukan seperti energi terbarukan yang lainnya.

Program Magister Terapan Teknik Terbarukan ini juga bertujuan utntuk mempersiapkan para professional atau kalangan ilmuwa/akademisi untuk memiliki kemampuan keahlian professional, manajerial dan dasar kebijakan yang diperlukan dalam pengambilan keputusan dalam perencaan pengelolaan bidang energi baru dan terbarukan baik tingkat industri, lembaga riset, perusahaan, pemerintah daerah, regional maupun nasional.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur Magister Terapan UTBK dapat diakses melalui situs http://magisterterapan.polsri.ac.id.