Rencana Induk Penelitian (RIP) Polsri 2013-2017

Rencana Induk Penelitian (RIP) Polsri 2013-2017 didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Polsri nomor: 0172/PL6.4.2/SK/2013 tanggal 10 januari 2013. Rencana Induk Penelitian (RIP) Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan rencana ssttrategis bidang penelitian yang menjadi arahan kebijakan pengelolaan penelitian Politeknik Negeri Sriwijaya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan, yakni tahun 2013-2017.
Berdasarkan rekam jejak judul penelitian di Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) dan dengan mengacu pada agenda riset nasional (ARN) serta Master Plan Percepatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) maka penelitian unggulan di Polsri yang diprioritaskan dalam 5 tahun ke depan (2013-2017) adalah:
1. Energi
2. Air dan pengolahan limbah
3. Komputasi, Sistem dan teknologi informasi-komunikasi
4. Inovasi teknologi tepat guna dan industri
5. Ekonomi, kewirausahaan dan manajemen kualitas
6. Pembangunan karakter, hukum, civil society dan seni.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian unggulan akan dibentuk 6 kelompok bidang kajian (KBK) penelitian unggulan dimana tugas utamanya adalah membuat roadmap penelitian tiap bidang unggulan, melaksanakan penelitian kolaborasi, dan mengadakan focus group discussion serta secara bersama membantu P3M menyelenggarakan seminar ilmiah. Anggota KBK penelitian unggulan diambil dari dosen Polsri yang telah memiliki track record penelitian, yang punya minat sungguh-sungguh dan yang mau&mampu melalkukan penelitian. Jumlah anggota dapat bertambah sesuai dengan minat dosen yang ingin bergabung.
Dalam upaya mendukung renstra Polsri 2011-2015, maka RIP Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) jangka panjang dibagi dalam tiga periode. Secara umum pada tiap periode berpijak pada 3 pilar utama yaitu: Pemerataan dan Perluasan akses penelitian; Peningkatan mutu penelitian, Relevansi dan daya saing hasil penelitian; serta Peningkatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik penelitian.