Manajemen Informatika (D3)

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka di bidang manajemen informatika berstandar internasional.



1. Menyelenggarakan dan meningkatkan proses pembelajaran vokasi secara berkelanjutan sesuai dengan kompetensi di bidang manajemen informatika.


2. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pengelolaan sumber daya di jurusan manajemen informatika dengan cara terlibat secara aktif di dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


3. Meningkatkan kerjasama dengan pihak lain di bidang manajemen informatika yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.



1. Meningkatkan jumlah lulusan yang berkualitas, berdisiplin, bermoral, berjiwa enterpreneurship dan relevan dengan perkembangan industri dalam bidang manajemen informatika;


2. Ikut berperan dalam meningkatkan taraf hidup masyarat dengan memberikan sumbangsih pemikiran melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;


3. Meningkatkan mutu manajemen di Program Studi Manajemen Informatika melalui pemberdayaan dan pengembangan organisasi berdasarkan prinsip tata kelola yang baik (good governance);


4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan kemitraan dengan pihak lain di bidang manajemen informatika dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.



a. Sasaran Mutu : Menghasilkan tenaga pengelola tingkat menengah yang memiliki tingkat profesional yang tinggi menguasai pengetahuan dan keterampilan teknologi di bidang transformasi data melalui media komputer.


b. Sasaran Program Studi :


1. Minimal 80% dosen membuat buku ajar pada tahun 2016.


2. Minimal IPK mahasiswa 3,0 pada tahun 2016.


3. Minimal TOEIC 380 pada tahun 2016.


4. Minimal 75% alumni mempunyai masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan pada tahun 2016.


5. Jumlah peneliti inovatif dosen minimal 5 judul per tahun.


6. Jumlah pengabdian masyarakat terlaksana minimal 5 judul per tahun.



1. Strategi untuk Mencapai Sasaran 1


a. Merancang dan menyusun materi buku ajar tiap mata kuliah yang sesuai dengan perkembangan dunia industri.


b. Memantau dan mengontrol pembuatan buku ajar.


2. Strategi untuk Mencapai Sasaran 2 :


a. Merancang dan menyusun materi buku ajar yang sesuai dengan perkembangan dunia industri.


b. Memantau dan mengontrol proses pembelajaran.


c. Meningkatkan metode dan media pembelajaran.


3. Strategi untuk Mencapai Sasaran 3 :


a. Melaukan TOEIC di awal semester 1 dan selanjutnya diberikan perkuliahan selama 4 semester sebulam dilakukan lagi TOEIC di akhir semester 6.


b. Memotivasi mahasiswa agar meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.


4. Strategi untuk Mencapai Sasaran 4 :


a. Menjalin kerjasama dengan pihak industri.


b. Meningkatkan komunikasi dengan alumni yang sudah bekerja.


c. Memberikan pembekalan kepada semua calon alumni.


5. Strategi untuk Mencapai Sasaran 5 :


a. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang penelitian.


b. Melaksanakan pelatihan bagi dosen tentang metode penelitian.


c. Mendatangkan dosen tamu yang sesuai dengan kompetensinya di bidangnya.


6. Strategi untuk Mencapai Sasaran 6 :


a. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.


b. Memberikan pelatihan bagi dosen tentang pengabdian kepada masyarakat.


Menghasilkan alumni manajemen informatika yang bermoral, berkepribadian dan memiliki etika, berjiwa bisnis dan wirausaha serta dapat bekerja sama dalam tim. Menguasai pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi. Mampu menganalisa, merancang dan mengimplementasikan sistem informasi di instansi/perusahaan berbasis intranet maupun internet.



1. SIKAP


a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;


b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;


c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;


d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;


e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;


f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;


g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;


h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;


i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;


j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.


2. PENGUASAAN PENGETAHUAN


a. Menguasai perkembangan teknologi terkini dalam bidang informatika;


b. Menguasai perangkat lunak komputer sistem operasi;


c. Menguasai perangkat lunak perkantoran untuk menunanjang kinerja dalam suatu perusahaan;


d. Menguasai pengetahuan dasar-dasar pemrograman dan bahasa pemrograman dalam pembuatan perangkat lunak;


e. Menguasai pengetahuan bidang ekonomi, akuntansi, dan manajemen perusahaaan;


f. Menguasai bahasa pemrograman sampai dengan program aplikasi pengolahan data dibidang bisnis;


g. Menguasai konsep dan prinsip prinsip pengembangan teknologi web dan teknologi mobile;


h. Menguasai konsep manajemen sistem informasi guna memperoleh suatu sistem utilitas sistem informasi bisnis yang handal;


i. Menguasai konsep dan berfikir dalam perkembangan teknologi yang uptodate


3. KETERAMPILAN UMUM


a. Memiliki kemampuan nilai moral dan kepribadian yang luhur;


b. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;


c. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya;


d. mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;


e. Memiliki etika profesi dalam bekerja;


f. Mampu berwirausaha;


g. Mampu menjadi pimpinan madya di bidang pengolahan data elektronik;


h. Mampu memilihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaga


4. KETERAMPILAN KHUSUS


a. Mampu menggunakan perangkat lunak komputer mulai dari sistem operasi, bahasa pemograman sampai dengan program aplikasi pengolahan data dibidang bisnis;


b. Mampu mengoperasikan dan menginstal sistem operasi komputer;


c. Mampu menerjemahkan urutan logika menjadi program aplikasi serta dapat memperbaikinya;


d. Mampu menganalisa dan merancang transformasi data di bidang bisnis melalui media komputer;


e. Mampu mengimplementasikan ilmu akuntansi dengan menggunakan perangkat lunak dibidang akuntansi;


f. Mampu merancang dan membuat aplikasi berbasis desktop, web dan mobile;


g. Mampu menerapkan teknologi grafika dan multimedia;


h. Mampu menerapkan Sisem Informasi Geografis (GIS);


i. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang manajemen.