Teknik Mesin

Pimpinan

Ketua Jurusan
Ir. Sairul Effendi, M.T.

Sekretaris
Drs. Soegeng Witjahjo, S.T., M.T.

Visi
Penyedia pendidikan profesional tingkat menengah yang handal, dikenal, dan diakui di bidang Teknik Perawatan & Perbaikan dan bidang Teknik Produksi.

Misi
Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional dibidang teknik mesin, berdisiplin tinggi, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak tinggi dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) serta mampu mengembangkan diri dalam menghadapi tuntutan kemajuan di bidangnya.
Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengembangkan Program Study Teknik Mesin yang berorientasi pada kualitas profesionalisme dan keterbukaan, serta mampu menghadapi persaingan global.

Tujuan Pendidikan
Tujuan Jurusan Teknik Mesin adalah menghasilkan tenaga pengelola tingkat menengah yang memiliki professional yang tinggi, menguasai pengetahuan dan keterampilan teknologi dibidang perawatan dan perbaikan, dan mesin produksi.

Profil Lulusan
Alumni jurusan teknik mesin mempunyai kemampuan menjadi tenaga pengelola tingkat menengah yang memiliki profesional yang tinggi, menguasai pengetahuan dan ketrampilan teknologi di bidang teknik perawatan & perbaikan dan teknik produksi.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama

Mampu merancang suatu komponen, sistem, atau proses untuk keperluan alat bantu produksi dan alat bantu untuk keperluan perawatan & perbaikan.
Mampu mewujudkan dan menganalisa kinerja dari hasil rancangan
Mampu melakukan perawatan mesin-mesin produksi, konversi energi, dan mesin penggerak, serta mampu menganalisa & memperbaiki permasalahan yang terjadi.

Kompetensi Pendukung
Mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika, sain, dan ilmu teknik mesin dengan mengidetifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan teknik mesin.
Mampu menampilkan hasil rancangan dalam bentuk gambar.
Mampu menyampaikan hasil rancangan baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan.
Mampu memahami pengetahuan tentang cara menggunakan peralatan dan mesin produksi, baik yang konvensional maupun yang berbasis komputerisasi.
Mampu membaca gambar kerja dan memahami cara menggunakan alat ukur.
Mampu memahami pengetahuan tentang cara kerja mesin-mesin produksi, konversi energi, dan mesin penggerak.

Kompetensi Lainnya
Mampu berdaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Mempunyai jiwa kepemimpinan, kewirausahaan bermoral dan berdisiplin.
Mampu untuk mengembangkan diri dan belajar secara terus menerus.