Teknik Telekomunikasi (D4)


1) SIKAP


a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.


b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.


c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia.


d. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila.


e. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.


f. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.


g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.


h. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.


i. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.


j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.


2) PENGUASAAN PENGETAHUAN


a. Menguasai pendalaman teori, konsep dan pendekatan dalam belajar dan pembelajaran bidang dasar-dasar telekomunikasi, serta kemampuan dalam mengembangkan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dalam penerapan pembelajaran tersebut.


b. Melakukan pendalaman teori, konsep dan pendekatan dalam belajar dan pembelajaran Sistem Komunikasi dan Jaringan Telekomunikasi serta kemampuan dalam mengimplementasikan, mengaplikasikan serta menganalisis dalam penerapan pembelajaran tersebut.


c. Melakukan pendalaman teori, konsep dan pendekatan dalam belajar dan pembelajaran Teknik Transmissi dan Rekayasa Traffik serta kemampuan dalam mengaplikasikan serta menganalisis dalam penerapan pembelajaran tersebut.


d. Melakukan pendalaman teori, konsep dan pendekatan dalam belajar dan pembelajaran Teknik Frekuensi Tinggi dan Gelombang Mikro serta kemampuan dalam mengaplikasikan serta menganalisis dalam penerapan pembelajaran tersebut.


e. Melakukan pendalaman teori, konsep dan pendekatan dalam belajar dan pembelajaran Teknologi Telematika Teknologi Telematika serta kemampuan dalam mengaplikasikan dalam menghasilkan karya yang berpotensi untuk diterapkan dalam memecahkan masalah pembelajaran tersebut..


3) KETERAMPILAN UMUM


a. Menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan perencanaan infrastruktur layanan telekomunikasi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang telekomunikasi.


b. Mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang telekomunikasi dalam rangkamenghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya sains/teknologi.


c. Menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi rancangan dandesain, atau esai sains/teknologi, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.


d. Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada jaringan telekomunikasi.


e. Memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya.


f. Bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan infrastruktur telekomunikasi yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.


g. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.


h. Memiliki kemampuan berkomunikasi secara aktif dan inetraktif dan menguasi bahasa asing untuk dapat bersaing secara global. .


4) KETERAMPILAN KHUSUS


a. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan perhitungan link budget untuk mengevaluasi system performance andrealibility yang didasarkan pada level sinyal yang diterima dan fade margin (termasuk satelit, link microwave, base stationke mobile station, LAN, MAN dan WAN) sertasesuai dengan standar kompetensi di bidang telekomunikasi.


b. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi telekomunikasi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang telekomunikasi dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya sains/teknologi.


c. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasidesain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada bidang telekomunikasi.


d. Bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja mandiri atau kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan bidang telekomunikasi yang ditugaskan.


e. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawaht tanggung jawabnya, dan mengelola pembelajaran secara mandiri.