Teknik Elektronika (D3)

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi Teknik Elektronika sebagai penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka dibidang elektronika khususnya bidang sistem kendali industri, perawatan dan perbaikan instrumentasi pada skala nasional maupun internasional.



1. Menghasilkan lulusan elektronika yang berkualitas, disiplin, kreatif, inovati, bermoral dan berahlak tinggi dan berkompetensi pada bidang instrumentasi, mikroprosesor, mikrokontroler, sistem kendali industri, perawatan dan perbaikan instrumentasi;.


2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu elektronika melalui media penelitian, pelatihan profesional, dan kegiatan kemasyarakatan;


3. Menyediakan pendidikan yang profesional sehingga lulusan Program Studi Elektronika menjadi terampil, mandiri dan professional serta menyelenggarakan pelatihan professional dan melakukan hubungan kerjasama dengan masyarakat umum, industri, pemerintahan dan BUMN.


Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Teknik Elektronika sesuai dengan visi dan misi adalah menghasilkan tenaga pengelola tingkat menengah, yang memiliki nilai dan sikap mandiri, bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya terutama pada bidang instrumentasi, mikroprosesor, mikrokontroler, sistem kendali industri, perawatan dan perbaikan instrumentasi. Memiliki kemampuan merancang, merealisasikan, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika.


Berdasarkan pada tujuan pendidikan Program Studi Elektronika untuk menghasilkan tenaga pengelola tingkat menengah yang memiliki kemampuan merancang, merealisasikan, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika, maka sasaran Program Studi Elektronika sebagai berikut :


a. Minimal 75 % IPK lulusan ≥ 3.00;


2. Minimal 50 % masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan;


3. Minimal 80 % jumlah alumni memiliki 1 jenis sertifikat kompetensi;


4. Minimal 50 % alumni memiliki nilai TOEIC ≥ 400.



1. Meningkatkan metode, media dan materi pembelajaran secara terstruktur sesuai silabus, SAP, dan kontrak perkuliahan. Jumlah capaian jam pembelajaran minimal ≥ 90 %.


2. Melaksanakan tracer study ke industri, Badan Usaha Milik Negara/ Swasta, yang erat kaitannya dengan bidang elektronika. Menjalin kerjasama dengan alumni yang sudah bekerja di industri atau instansi tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja.


3. Mengadakan palatihan dan uji kompetensi dibidang instrumentasi, mikroprosesor, mikrokontroler, sistem kendali industri, Programmable Logic Control (PLC), perawatan dan perbaikan instrumentasi.


4. Meningkatkan kemampuan dan membiasakan mahasiswa berbahasa Inggris dengan kegiatan seminar/ diskusi/ paparan perkuliahan Bahasa Inggris.


Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan program pendidikan di Program Studi Teknik Elektronika berhak menyandang gelarAhli Madya (A.Md) dengan kemampuan akademik di bidang Teknik Elektronika.


1. Lulusan Program Studi Teknik Elektronika dapat memenuhi standar penilaian pasar kerja karena setelah menempuh pendidikan selama 6 (enam) semester mendapatkan kompetensi di bidang teknik Elektronika dengan kemampuan bidang instrumentasi, mikroprosesor, mikrokontroler, sistem kendali, Programmable Logic Control (PLC), perawatan dan perbaikan instrumentasi serta mampu bahasa Inggris, berwirausaha dan Mampu bekerjasama dan memimpin dalam kehidupan masyarakat.


2. Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan Program Studi Teknik Elektronika mampu ditempatkan sebagai tenaga perancang, perencana, supervisi, ahli teknik (enginer) elektronika, keselamatan kerja dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang terkait bidang Elektronika.


3. Lulusan Program Studi Teknik Elektronika dapat juga melanjutkan studi ke strata 1 (S1) atau Sarjana Terapan (DIV) dengan mudah karena kurikulum yang dirancang sesuai dengan kurikulum ke jenjang yang lebih tinggi.


1) SIKAP Memiliki sikap professional, mampu berkerja secara tim, mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja memiliki prinsip ekonomi bisnis, menjaga/ member jaminan kualitas (quality assurance), dan memahami konsef teknik pelaporan.


a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap berahlak mulia dan Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;


b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;


c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, pendapat atau temuan orisinal orang lain serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;


d. Bekerja sama dan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan tim di bidang keahliannya secara mandiri dan tim;


e. Taat hukum dan disiplin dengan standar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;


f. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan yang ahli dalam bidang keahliannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan Negara;


g. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan serta mampu menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat.


2) PENGUASAAN PENGETAHUAN


a. Menguasai konsep teoritis:elektronika, instrumentasi, mikroprosesor, mikrokontroler,sistem kendali Programmable Logic Control (PLC), SCADA dan perawatan perbaikan.


b. Menguasai prinsip prinsip dan teknik perancangan elektronika, mencakup kendali otomatis menggunakan mikroproseror/ mikrokontroler, PLC, instrumentasi, menguasai aplikasi program komputer bidang elektronika seperti Protel, EWB, Livewire, Pinnacle, Arduino dan Visual Basic.


c. Menguasai pengetahuan prosedural: Kewirausahaan, manajemen proyek, K3, SOP dan standarisasi, etika profesi. d. Menguasai perkembangan teknik terbaru ddan teknologi terkini dibidang Elektronika.


3) KETERAMPILAN UMUM


a. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan sesuai dengan standar nasional dan internasional.


b. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;


c. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab dalam pengawasan secara mandiri;


d. Mampu merancang dalam bidang keahlian dalam pekerjaan secara mandiri dan tim;


e. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasar prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dan melakukan supervisi pada pekerjaaan.


f. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;


g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan berada di bawah tanggungjawabnya;


4) KETERAMPILAN KHUSUS


1. Mampu menerapakan matematika, instrumentasi, mikroprosesor, mikrokontroler,sistem kendali Programmable Logic Control (PLC), SCADA perawatan dan perbaikan untuk menyelesaikan masalah sistem kendali berbasis elektronika, perawatan danperbaikan.


2. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan sistem kendali berbasis elektronika, serta operasi dan pemeliharaan peralatan sistem kendali berbasis elektronikamenggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard komunikasi data serial menggunakan kabel dan wireless dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan;


3. a. Menguasai prinsip dasar dari instrumentasi, sistem kendali industri, mikroprosesor, mikrokontroler, pemeliharaan dan perbaikan sistem elektronika.


b. Mampu melaksanakan menjalankan dan mengoperasikan sistem kendali, mikroprosesor, mikrokontroler, pemeliharaan dan perbaikan instrumentasi.


c. Mampu melaksanakan perancangan/ membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika.


d. Mampu mengikuti perkembangan teknik terbaru dan teknologi terkini dibidang Elektronika.