Teknik Listrik (D3)

Visi
Penyelenggara pendidikan vokasi bidang energi listrik yang unggul dan terkemuka pada tingkat nasional maupun internasional.

Misi
1. Menghasilkan lulusan professional yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja di bidang kelistrikan;
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan penelitian terapan di bidang teknik listrik;
3. Memberdayakan teknologi kelistrikan untuk memberdayakan potensi daerah serta ikut berkontribusi pada pemecahan masalah dalam masyarakat.

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan tenaga pengelola tingkat menengah memiliki kompetensi mampu mengembangkan diri sebagai insan berkepribadian Indonesia, menerapkan dalam kehidupan berprofesi, memahami dasar-dasar ilmu listrik, melaksanakan pekerjaan perencanaan dan pemasangan instalasi listrik, berinofasi, berkarya, memahami kaidah-kaidah system ketenagakerjaan, beretika, tanggap terhadap perkembangan industri dan kemajuan teknologi dibidang ke listrikan.

Profil Lulusan
Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan program pendidikan di Program Studi Teknik Listrik berhak menyandang gelar Ahli Madya (A.Md) dengan kemampuan akademik di bidang teknik listrik. Lulusan Program Studi Teknik Listrik dapat memenuhi standar penilaian pasar kerja karena setelah menempuh pendidikan selama 6 (enam) semester disamping telah mendapatkan kompetensi di bidang teknik listrik juga mampu mengaplikasikan komputer untuk sistem kendali listrik secara terprogram, memahami penggunaan instrumen ukur dan sistem elektronik untuk pengaturan dan monitoring proses di industri, berkomunikasi dalam bahasa Inggris, berwirausaha dan mengelola usaha pekerjaan jasa listrik. Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan Program Studi Teknik Listrik mampu ditempatkan sebagai tenaga perancang, perencana, teknisi, penyelia (foreman), pengawas (supervisor), ahli teknik (enginer) listrik dan mampu berwirausaha serta bekerja hampir di seluruh sektor lapangan kerja. Lulusan Program Studi Teknik Listrik dapat juga melanjutkan studi ke strata 1 (S1) atau diploma IV (DIV) dengan mudah karena kurikulum yang dirancang juga diselaraskan dengan kurikulum ke jenjang yang lebih tinggi.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama

Mampu merancang dan memasang instalasi listrik sesuai dengan standard.
Mampu mengoperasikan peralatan dan sistem listrik.
Mampu merencanakan perkiraan biaya dan spesifikasi peralatan instalasi listrik.
Mampu merancang dan memasang sistem kendali listrik secara manual dan otomatis.
Mampu memelihara dan memperbaiki peralatan dan sistem listrik.
Mampu memahami kaidah-kaidah dasar dan standarisasi teknik listrik dan sistem ketenagakerjaan.

Kompetensi Pendukung
Mampu mengaplikasikan komputer untuk sistem kendali listrik secara terprogram.
Mampu memahami penggunaan instrumen ukur dan sistem elektronik untuk pengaturan dan monitoring proses di industri.
Mampu berkomunikasi secara internasional khususnya dalam bahasa Inggris.
Mampu berwirausaha dan mengelola usaha pekerjaan jasa listrik.

Kompetensi Lainnya
Mampu berkarya
Mampu memimpin dalam kehidupan masyarakat