Manajemen Bisnis (D4)

Menjadi lembaga pendidikan vokasional Sarjana Terapan terkemuka yang unggul, berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di bidang bisnis keuangan dan perbankan serta memiliki kemampuan entrepreneur yang handal.



1. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dalam bidang bisnis keuangan dan perbankan yang berkualitas dengan berbasis pada sistem penjaminan mutu;


2. Menghasilkan alumni yang memiliki kemampuan entrepreneur yang handal;


3. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang keuangan dan perbankan serta kemampuan entrepreneur untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat;


4. Mengembangkan organisasi dan meningkatkan mutu pengelolaan sumber daya di Program Studi Sarjana Terapan (S1) Manajemen Bisnis dalam rangka mewujudkan kinerja secara efektif, efisien dan berkelanjutan;


5. Meningkatkan kemitraan dengan industri dan pihak lainnya yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai serta ahli di bidang bisnis keuangan dan perbankan serta memiliki kemampuan entrepreneur yang memiliki kemampuan manajerial yang handal, profesional, dan menguasai teknologi informasi.



1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam bidang keuangan dan perbankan.


2. Menghasilkan sumber daya manusia dengan kemampuan manajerial seperti mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah di bidangnya juga mampu membuat perencanaan, mengorganisasikan, mengendalikan, melakukan pengawasan, serta mengevaluasi kegiatan di bidangnya.



1. Menjamin pelaksanaan perkuliahan terealisasi minimal 95%.


2. Melaksanakan kuliah praktek di laboratorium dengan peralatan praktek terkini serta bahan praktek yang relevan.


3. Melaksanakan kerja praktek ke industri dan perusahaan Keuangan dan Perbankan secara terencana dan terstruktur.


4. Melaksanakan berbagai kerjasama dengan pihak industri di bidang keuangan dan perbankan untuk pemagangan mahasiswa sebagai narasumber pembelajaran.


5. Melaksanakan seminar serta workshop dengan narasumber dari praktisi dan akademisi industri keuangan dan perbankan.


6. Melaksanakan pembelajaran interaktif yang berorientasi pada mahasiswa dengan metode diskusi, studi kasus, simulasi, serta kunjungan industri.



1. Analis Keuangan


2. Analis Pasar Modal


3. Analis Kredit


4. Manajer/Tenaga ahli pemasaran


5. Manajer/Tenaga Ahli Sumber Daya Manusia


6. Account Officer


7. Wirausahawan



1) SIKAP


a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.


b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;


c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;


d. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;


e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;


f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;


g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;


h. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;


i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya sercara mandiri;


j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.


2) PENGUASAAN PENGETAHUAN


a. Funding and service: mampu menghimpun dan masyarakat sesuai dengan program yang ada, mampu mengklasifikasikan berbagai dana yang ada sesuai peruntuntukan, mampu menetapkan kompensasi atau dana yang dihimpun, memberikan berbagai pelayanan informasi terhadap masyarakat.


b. Marketing: mampu menilai serta memetakan pasar (target market), mampu memilih target pasar paling potensial, serta memasarkan semua produk perbankan terhadap target pasar. Juga mampu merekomendasikan berbagai jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.


c. Lending: mampu mengidentifikasi nasabah kredit sesuai dengan penilaian permohonan kredit ritel mamupun non ritel dan menawarkan serta mampu menawarkan produk kredit serta melakukan perikatan perkreditan dan memelihara nasabah kredit.


d. Treasury: mampu memahami dan melaksanakan resiko likuiditas, resiko suku bunga, resiko nilai tukar, resiko kredit dalam penempatan dana selain daripada kredit, dalam pembelian surat berharga dan investasi. Resiko kepatuhan (compliance risk) yang terkait dengan treasury. Resiko operasional yang terkait dengan fungsi dan tugas dari treasur.


e. HRD: mampu merancang, melaksanakan, mengontrol serta melakukan pengendalian terhadap sumber daya manusia perbankan. Mampu merencanakan kebutuhan sdm, mampu melakukan penilaian kinerja, mampu melakukan pengembangan dan pembinaan pegawai.


f. Finance: mampu membaca dan menginterpretasikan aktiva dan pasiva laporan neraca bank, mampu merencanakan program keuangan berdasarkan berbagai asumsi yang berlaku, mampu melaksanakan program keuangan serta mengendalikan pelaksanaan program tersebut.


g. Risk management: mengetahui dan memahami berbagai jenis resiko keuangan dan perbankan, dapat mengidentifikasi mengukur resiko tersebut, mampu memantau perkembangan resiko yang da serta mampu mengendalikan berbagai resiko inherent sesuai dengan prinsip kehati-hatian bank


h. Wealth management: mampu membuat profil keuangan calon nasabah berdasarkan identifikasi data dan informasi, mampu memnerikan layanan konsultasi untuk mengetahui jenis investasi yang sesuai, protofolio serta profil resiko, mampu melakukan perhitungan untuk nasabah, mampu memberikan layanan konsultasi tentang utang dan likuiditas


i. Operational: Mampu memahami berbagai kelengakapan persyaratan pengajuan kredit, mampu memverifikasi, mengevaluasi semua data serta dapat memberikan rekomendasi yang benar atas usulan kredit dari kreditur.


j. Technology Information: Mampu merancang serta menerapkan sistem informasi manajemen prbankan. Mampu melakukan akses kedalam sistem informasi, mampu menerapkan kebijakan system security policy, mampu mengatasi masalah yang terjadi pada system informasi.


k. Compliance: Mampu memahami, mengidentifikasi dan menganalisis perundang-undangan yang terkait dengan perbankan, kemudian mampu melakukan analisis kesesuaian dan pemenuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.


l. Audit Intern: Mampu merencanakan, melaksanakan, mensupervisi dan melaporkan hasil audit serta memantau tindak lanjutnya.


m. Entrepreneur: Mampu merencanakan, melaksanakan, mensupervisi dan melaporkan hasil audit serta memantau tindak lanjutnya.


3) KETERAMPILAN UMUM


a. Mampu berkomunikasi secara persuasif dalam bahasa Inggris dan Mandarin sehubungan dengan pekerjaan


b. Mampu menyelenggarakan administrasi perkantoran terutama sektor keuangan dan perbankan.


c. Mampu mendesain tata ruang perkantoran dan perbankan dengan menggunakan program komputer.


d. Mampu membuat aplikasi komputer yang berhubungan dengan administrasi.


4) KETERAMPILAN KHUSUS


a. Memiliki karakter sebagai manajer/tenaga ahli.


b. Mampu mengembangkan sikap profesionalisme dibidang keuangan dan perbankan.


c. Memiliki kemampuan mengelola bisnis untuk menjadi entrepreneur professional.


d. Memiliki kemampuan penguasaan teknologi dan informasi di bidang keuangan dan perbankan.


e. Mampu memahami teknik perencanaan dan penilaian kelayakan bisnis


f. Mempraktekkan kemampuan teoritis dalam dunia usaha bahkan mendirikan usaha bisnis mikro.