Manajemen Bisnis (D4)

Program Sarjana Terapan Program Studi Manajemen Bisnis

Program studi ini didirikan dengan didasarkan pada tingginya permintaan akan tenaga kerja yang berbasis pendidikan manajemen, dimana hampir semua jenis industri dalam setiap rekrutment karyawan hampir selalu membutuhkan karyawan yang berbasis pendidikan manajemen. Disamping itu tingginya pertumbuhan industri khususnya industri keuangan dan perbankan di Sumatera Selatan secara langsung berdampak terhadap kebutuhan tenaga kerja yang semakin meningkat baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Alasan lain adalah tingginya tingkat peminatan masyarakat pada program studi ini di berbagai perguruan tinggi menunjukkan bahwa terdapat suatu peluang untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan suatu program studi yang berkualitas tinggi yang dirancang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri.

Sistem pendidikan Sarjana Terapan Manajemen Bisnis ini berbeda dengan yang dilakukan pada perguruan tinggi lain karena menerapkan sistem pendidikan yang merupakan kombinasi antara pembelajaran teori (40%) dan praktek (60%). Kegiatan praktek dilakukan diberbagai laboratorium yang dirancang semirip mungkin dengan kondisi kerja yang sesungguhnya, Kuliah Kerja Lapangan, Magang industri, serta secara periodik mengundang narasumber yang merupakan praktisi yang ahli di bidang perbankan dan keuangan.

Secara umum alumni dapat mengisi berbagai posisi di industri yang menjadi kompetensi intinya. Selain ahli dalam bekerja (skill competence), alumni juga dididik untuk memiliki kemampuan manajerial yang handal seperti mampu mengidentifikasi masalah, mampu merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan bawahan, melakukan pengawasan, serta melakukan evaluasi. Juga ahli dalam menerapkan strategi dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat . Hal tersebut juga didukung dengan kemampuan softskill yang unggul seperti disiplin yang tinggi, kemampuan komunikasi yang handal, mampu bekerjasama secara tim, memiliki etika bekerja, serta semangat juang yang tinggi.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan vokasional Sarjana Terapan terkemuka yang unggul, berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di bidang bisnis keuangan dan perbankan serta memiliki kemampuan entrepreneur yang handal.

Misi

1. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dalam bidang bisnis keuangan dan perbankan yang berkualitas dengan berbasis pada sistem penjaminan mutu;
2. Menghasilkan alumni yang memiliki kemampuan entrepreneur yang handal.
3. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang keuangan dan perbankan serta kemampuan entrepreneur untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat;
4. Mengembangkan organisasi dan meningkatkan mutu pengelolaan sumber daya di Program Studi Sarjana Terapan (S1) Manajemen Bisnis dalam rangka mewujudkan kinerja secara efektif, efisien, dan berkelanjutan;
5. Meningkatkan kemitraan dengan industri dan pihak lainnya yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai serta ahli di bidang bisnis keuangan dan perbankan serta memiliki kemampuan entrepreneur yang memiliki kemampuan manajerial yang handal, profesional dan menguasai teknologi informasi.

Sasaran Program Studi

1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam dalam bidang keuangan dan perbankan.
2. Menghasilkan sumber daya manusia dengan kemampuan manajerial seperti mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah di bidangnya juga mampu membuat perencanaan, mengorganisasikan, mengendalikan, melakukan pengawasan, serta mengevaluasi kegiatan dibidangnya.

Strategi untuk Mencapai Sasaran

1. Strategi pencapaian untuk meningkatkan pendaftar meliputi: promosi PS (website Jurusan AB dan Polsri, brosur, sosialisasi mahasiswa ke SMA asalnya)
2. Mengembangkan sistem seleksi (UMPN, UMM, PMDK, dan Bidik Misi)
3. ISO 9001/2008 untuk Jurusan Administrasi Bisnis dan P2MI
4. Sosialisasi sistem monitoring kehadiran dosen dan mahasiswa.
5. Sosialisasi punishment ketidakhadiran dosen dan mahasiswa yang dilakukan oleh ketua PS dibantu oleh Pembimbing Akademik
6. Pengawasan implementasi kurikulum dilakukan oleh ketua PS dan PA
7. Sosialisasi Instruksi Kerja (SOP) dalam mengevaluasi mahasiswa dilakukan oleh PA
8. Sosialisasi standar penilaian mahasiswa
9. Perencanaan sistem perkuliahan dilakukan oleh dosen pengajar
10. Monitoring nilai mahasiswa sejak awal dilakukan oleh PA
11. Pelaksanaan bimbingan dan konseling terutama dilakukan untuk mahasiswa yang bermasalah oleh PA
12. Penyediaan layanan perpustakaan Jurusan Administrasi Bisnis dan perpustakaan Polsri
13. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan program prestasi mahasiswa (PPA, BBM, dan PMW)
14. Strategi pencapaian untuk meningkatkan peluang lulusan agar cepat bekerja dengan cara kerjasama dengan pihak industri pengguna melalui mekanisme rekrut langsung, membangun hubungan industri melalui jejaring dan job expo.

Profil Lulusan

1. Funding and Service: Mampu menghimpun dana masyarakat sesuai dengan program yang ada, mampu mengklasifikasikan berbagai dana yang ada sesuai peruntukan, mampu menetapkan kompensasi atas dana yang dihimpun, memberikan berbagai pelayanan informasi terhadap masyarakat.
2. Marketing: Mampu menilai serta memetakan pasar (target market), mampu memilih target pasat yang paling potensial, serta memasarkan semua produk perbankan terhadap targt pasar. Juga mampu merekomendasikan berbagai jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
3. Lending: Mampu mengidentifikasi nasabah kredit sesuai dengan penilaian permohonan kredit ritel maupun non ritel dan menawarkan serta mampu menawarkan produk kredit serta melakaukan perikatan perkreditan dan memelihara nasabah kredit.
4. Treasury: Mampu memahami dan melaksanakan resiko likuiditas, resiko suku bunga, resiko nilai tukar, resiko kredit dalam penempatan dana selain daripada kredit, dalam pembelian surat berharga dan investai. Resiko kepatuhan (compliance risk) yang terkait dengan treasury. Resiko operasional yang terkait dengan fungsi dan tugas dari treasure.
5. HRD: Mampu merancang, melaksanakan, mengotrol serta melakukan pengendalian terhadap sumber daya manusia perbankan. Mampu merencanakan kebutuhan sdm, mampu melakukan penilaian kinerja pegawai sesuai ketentuan yang berlalu, mapu mengusulkan reward dan punishment sesuai dengan kinerja, mampu melakukan pengembangan dan pembinaan pegawai.
6. Finance: Mampu membaca dan menginterpretasikan aktiva dan pasiva laporan neraca bank, mampu merencanakan program keuangan berdasarkan berbagai asumsi yang berlaku, mampu melaksanakan program keuangan serta mengendalikan pelaksakaan program tersebut.
7. Risk Management: Mengetahui dan memahami berbagai jenis resiko keuangan dan perbankan, dapat mengidentifikasi mengukur resiko tersebut, mampu memantau perkembangan resiko yang ada serta mampu mengendalikan berbagai resiko inherent sesuai dengan prinsip kehati-hatian bank.
8. Wealth Management: Mampu membuat profil keuangan calon nasabah berdasarkan identifikasi data dan informasi, mampu memberikan layanan konsultasi untuk mengetahui jenis investasi yang sesuai, portofolio serta profil resiko, mampu melakukan perhitungan untuk nasabah, mampu memberikan layanan konsultasi tentang utang dan likuiditas.
9. Operational: Mampu memahami berbagai kelengkapan persyaratan pengajuan kredit, mampu memverifikasi, mengevaluasi semua data serta dapat memberikan rekomendasi yang benar atas usulan kredit dari kreditur.
10. Technology Information: Mampu merancang serta menerapkan Sistem Informasi Manajemen perbankan. Mampu melakukan akses ke dalam sistem informasi, mampu menerapkan kebijakan sisten security policy, mampu mengatasi masalah yang terjadi pada system informasi.
11. Compliance: Mampu memahami, mengidentifikasi dan menganalisis perundang-undangan yang terkait dengan perbankan, kemudian mampu melakukan analisis kesesuaian dan pemenuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.
12. Audit Intern: Mampu merencanakan, melaksanakan, mensupervisi dan melaporkan hasil audit serta memantau tindak lanjutnya.
13. Entrepreneur: Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan bisnis kedalam dunia usaha.

Capaian Pembelajaran

1. Mampu menghimpun dana masyarakat sesuai dengan program yang ada, mampu mengklasifikasikan berbagai dana yang ada sesuai peruntukan, mampu menetapkan kompensasi atas dana yang dihimpun, memberikan berbagai pelayanan informasi terhadap masyarakat.
2. Mampu menilai serta memetakan pasar (target market), mampu memilih target pasat yang paling potensial, serta memasarkan semua produk perbankan terhadap targt pasar. Juga mampu merekomendasikan berbagai jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
3. Mampu mengidentifikasi nasabah kredit sesuai dengan penilaian permohonan kredit ritel maupun non ritel dan menawarkan serta mampu menawarkan produk kredit serta melakaukan perikatan perkreditan dan memelihara nasabah kredit.
4. Mampu memahami dan melaksanakan resiko likuiditas, resiko suku bunga, resiko nilai tukar, resiko kredit dalam penempatan dana selain daripada kredit, dalam pembelian surat berharga dan investasi. Resiko kepatuhan (compliance risk) yang terkait dengan treasury. Resiko operasional yang terkait dengan fungsi dan tugas dari treasure.
5. Mampu merancang, melaksanakan, mengotrol serta melakukan pengendalian terhadap sumber daya manusia perbankan. Mampu merencanakan kebutuhan sdm, mampu melakukan penilaian kinerja pegawai sesuai ketentuan yang berlalu, mapu mengusulkan reward dan punishment sesuai dengan kinerja, mampu melakukan pengembangan dan pembinaan pegawai.
6. Mampu membaca dan menginterpretasikan aktiva dan pasiva laporan neraca bank, mampu merencanakan program keuangan berdasarkan berbagai asumsi yang berlaku, mampu melaksanakan program keuangan serta mengendalikan pelaksakaan program tersebut.
7. Mengetahui dan memahami berbagai jenis resiko keuangan dan perbankan, dapat mengidentifikasi mengukur resiko tersebut, mampu memantau perkembangan resiko yang ada serta mampu mengendalikan berbagai resiko inherent sesuai dengan prinsip kehati-hatian bank.
8. Mampu membuat profil keuangan calon nasabah berdasarkan identifikasi data dan informasi, mampu memberikan layanan konsultasi untuk mengetahui jenis investasi yang sesuai, portofolio serta profil resiko, mampu melakukan perhitungan time value of money untuk nasabah, mampu memberikan layanan konsultasi tentang utang dan likuiditas.
9. Mampu memahami berbagai kelengkapan persyaratan pengajuan kredit, mampu memverifikasi, mengevaluasi semua data serta dapat memberikan rekomendasi yang benar atas usulan kredit dari kreditur.
10. Mampu merancang serta menerapkan Sistem Informasi Manajemen perbankan. Mampu melakukan akses ke dalam sistem informasi,mampu menerapkan kebijakan sistem security policy, mampu mengatasi masalah yang terjadi pada sistem informasi.
11. Mampu memahami, mengidentifikasi dan menganalisis perundang-undangan yang terkait dengan perbankan, kemudian mampu melakukan analisis kesesuaian dan pemenuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.
12. Mampu merencanakan, melaksanakan, mensupervisi dan melaporkan hasil audit serta memantau tindak lanjutnya.
13. Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan bisnis ke dalam dunia usaha.

Kompetensi Lulusan
Menguasai tiga belas (13) kompetensi dibidang bisnis keuangan dan perbankan serta entrepreneurship.