Adminitrasi Bisnis (D2) PDD Kota Prabumulih

Pada Tahun 2020 Menjadi penyelenggara pendidikan vokasi Ahli Madya yang unggul bidang Administrasi Bisnis yang menguasai Iptek dan mampu bersaing dalam pasar global.



1. Meningkatkan penyelanggaran pendidikan dalam bidang administrasi bisnis yang berkualitas dengan berbasis pada sistem penjaminan mutu


2. Mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang administrasi bisnis untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.


3. Mengembangkan organisasi dan meningkatkan mutu pengelolaan sumber daya di jurusan administrasi bisnis dalam rangka mewujudkan kinerja secara efektif, efisien dan berkelanjuatan.


4. Meningkatan kemitraan dengan indusri dan pihak lainnya yang saling menguntungkan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Menghasilkan sumber daya manusia terampil di bidang administrasi bisnis yang memiliki kemampuan manajerial tingkat menengah yang menguasai IPTEK dan profesional.



a. Menghasilkan sumber daya manusia yang terampil melaksanakan berbagai pekerjaan yang bersifat operasional di bidang administrasi bisnis


b. Menghasilkan sumber daya manusia dengan kemampuan manajerial handal seperti mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah di bidangnya juga mampu membuat perencanaa kerja, mengorganisasikan, mengendalikan, mengontrol serta mengevaluasi kegiatan di bidangnya.



1. Menjamin realisasi proses pembelajaran minimal 95%


2. Melaksanakan kuliah praktek di laboratorium dengan peralatan praktek terkini serta bahan praktek yang selalu tersedia


3. Melaksanakan Kerja Praktek ke industri secara efektif dan Kuliah Kerja Lapangan


4. Melaksanakan Seminar serta Workshop dengan narasumber dari praktisi dan akademisi industri


5. Melaksanakan pembelajaran interaktif yang berorientasi pada mahasiswa dengan metode diskusi, studi kasus serta simulasi


6. Pembinaan intensif terhadap organisasi kemahasiswaan di Jurusan Administrasi Bisnis



a. Professional Administrative


b. Professional Secretary


c. Public Relation and Custumer Service Officer


d. Account Officer


e. Marketing Officer/Sales Executive


f. Human Resource Development Officer


g. ArsiparisProfesional



1) SIKAP


a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;


b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;


c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;


d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;


e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;


f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;


g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;


h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;


i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;


j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan


k. Menginternalisasi sikap dan prilaku yang sesuai dengan etika profesi dalam melaksanakan kegiatan administrasi perkantoran dalam organisasi bisnis.


2) PENGUASAAN PENGETAHUAN


a. Menguasai konsep teoritis administrasi, kesekretariatan dan kearsipan.


b. Menguasai konsep teoritis tentang pelayanan prima


c. Menguasai konsep teoritis tentang bahasa Indonesia dan bahasa Inggris


d. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dan perkantoran modern


e. Menguasai konsep umum jenis regulasi bisnis lokal, nasional, regional dan global


f. Menguasai teori dasar manajemen seperti: manajamen pemasaran, MSDM, manajamen produksi, manajemen keuangan


g. Menguasai teori penulisan proposal dan laporan serta teknik presentasi secara umum menggunakan media audio visual


h. Menguasai konsep tentang prinsip dan tata kerja peralatan kantor secara umum pada level operasional di berbagai jenis organisasi bisnis.


i. Menguasai teori kepemimpinan dan supervisi secara umum kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya


3) KETERAMPILAN UMUM


a. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;


b. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur


c. Menguasasi konsep teoritis secara umum tentang metode penyelesaian masalah administrasi, pelayanan prima, teknologi informasi, yang sesuai untuk menyelesaikan masalah bisnis


d. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan


e. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya


f. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya


g. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keseluruhan dan mencegah plagiasi.


h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.


4) KETERAMPILAN KHUSUS


a. Mampu melakukan fungsi dan tugas administrasi seperti membuat naskah/dokumen sederhana, lembar kerja, bahan presentasi secara cepat dan tepat menggunakan blind system (pengetikan 10 jari) dengan menggunakan software yang sesuai.


b. Mampu mengelola surat/dokumen kepada yang dituju, pengarsipan surat/dokumen dalam lingkup yang terbatas sesuai dengan sistem arsip yang digunakan dan menjaga kerahasiaan surat/dokumen


c. Mampu menerima dan meneruskan telepon masuk kepada yang dituju, menerima dan mengantar tamu kepada orang yang dituju sesuai dengan etika kantor.


d. Mampu merencanakan, mengelola rapat dan membuat dokumen rapat, baik rapat rutin atau pun rapat insidental


e. Mampu membantu pimpinan di dalam merencanakan dan mengorganisir agenda kegiatan pimpinan baik yang sifatnya rutin dan insidental


f. Mampu mengelola perjalanan dinas pimpinan seperti persiapan dokumen perjalanan, transportasi dan akomodasi perjalanan, serta membantu pimpinan dalam membuat laporan perjalanan dinas


g. Mampu dan terampil dalam menggunakan beberapa jenis software serta kemampuan menganalisis informasi dan data dengan menggunakan internet untuk mendukung pekerjaan administratif secara efektif dan efisien


h. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis, memiliki kemampuan dalam hal pelayanan kepada pelanggan internal maupun eksternal, serta kemampuan memimpin dan meningkatkan kinerja sebuah tim


i. Mampu mengelola kas kecil serta menyusun laporan keuangan sederhana secara harian, mingguan atau bulanan


j. Mampu menggunakan peralatan dan teknologi perkantoran modern seperti faksimili, mesin photocopy, LCD, scanner, mesin arsip elektronik berdasarkan standar operasional prosedur untuk mendukung pelaksanaan kegiatan administrasi kantor