Akuntansi (D3)

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka di bidang akuntansi dan berdaya saing global.



1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aplikatif dan berkualitas sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar global.


2. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi yang memberikan kontribusi bagi masyarakat dan pengembangan ilmu akuntansi.


3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berbasis ipteks melalui pemberdayaan sumber daya yang dimiliki.


4. Membina kerjasama serta mengembangkan jejaring kerja dengan stakeholders baik ditingkat nasional maupun internasional.



1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berdisiplin, beretika, kompeten, dan profesional serta berjiwa kewirausahaan.


2 Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian terapan serta publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.


3 Meningkatkan peran dan kontribusi dosen dan mahasiswa Program Studi Akuntansi melalui pengabdian untuk menunjang pembangunan nasional.


4 Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan


5 Meningkatkan kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan dengan stakeholders, baik di tingkat nasional maupun internasional.



1. Menciptakan SDM yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang akuntansi:


a. Minimal 80% IPK lulusan ≥ 3,0


b. Minimal 30% nilai rata-rata TOEIC ≥ 405


c. Minimal 80% masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan.


d. Minimal 35% lulusan memiliki sertifikat keahlian.


2. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan untuk menunjang pembangunan nasional:


a. Jumlah penelitian dosen minimal 10 judul per tahun


b. Jumlah publikasi artikel ilmiah hasil penelitian dosen minimal 8 judul per tahun


c. Jumlah artikel hasil penelitian yang diseminarkan secara nasional minimal 5 judul per tahun.


3. Menerapkan pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkontribusi bagi masyarakat melalui pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa.


a. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang terlaksana minimal 10 judul per tahun.


b. Jumlah publikasi artikel ilmiah hasil pengabdian dosen minimal 5 judul per tahun


c. Jumlah artikel hasil pengabdian yang diseminarkan secara nasional minimal 3 judul per tahun


4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan


a. Jumlah program kewirausahaan mahasiswa minimal 1 judul per tahun


b. Jumlah program kreatifitas mahasiswa (PKM) minimal 2 judul per tahun


5. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders jurusan Akuntansi.


a. Meningkatkan pemberdayaan jejaring dengan stakeholders bagi kepentingan pengembangan program studi.


b. Meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan stakeholders guna keperluan magang bagi mahasiswa dan peningkatan kualitas alumni.



1. Minimal 80% IPK lulusan ≥ 3,0


a. Mengadakan pelatihan, workshop, lokakarya, dan seminar bagi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan.


b. Menciptakan suasana akademik atmosfir yang kondusif di lingkungan jurusan akuntansi.


c. Mengoptimalkan proses pembelajaran dalam setiap semester dengan 19 kali pertemuan dengan tingkat capaian 85%, dengan pendekatan student center learning.


d. Memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan fasilitas perkuliahan di kelas, laboratorium, dan perpustakaan yang menggunakan kemajuan teknologi dan informasi guna mendukung efektifitas pembelajaran di program studi secara berkala.


e. Meningkatkan intensitas keterlibatan dosen dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan yang diselenggarakan di dalam maupun di luar negeri.


f. Mendorong dosen untuk mengikuti studi lanjut sesuai bidang keahlian.


2. Minimal 30% nilai rata-rata TOEIC ≥ 405


a. Pengembangan dan peningkatan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa


3. Minimal 80% masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan.


a. Pengembangan jejaring dengan dunia usaha, dunia industri, dan alumni untuk rekrutmen tenaga kerja.


4. Minimal 35% lulusan memiliki sertifikat keahlian.


a. Pengembangan dan pemberian pelatihan tersertifikasi bagi mahasiswa


b. Mendorong dan mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan sertifikasi keahlian dan atau uji kompetensi.


5. Jumlah penelitian dosen minimal 10 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas hasil penelitian dosen yang berdaya guna bagi kepentingan masyarakat.


b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan metodologi penelitian.


c. Mendorong dosen untuk mengirim proposal hibah penelitian.


d. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan penelitian yang diselenggarakan di dalam dan/atau luar negeri.


6. Jumlah publikasi artikel ilmiah dosen minimal 8 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi artikel hasil penelitian dosen di tingkat nasional dan/atau internasional.


b. Memotivasi dosen untuk mengirim proposal hibah penelitian.


c. Memfasilitasi pengiriman karya penelitian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


7. Jumlah artikel yang diseminarkan secara nasional minimal 5 judul per tahun.


a. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan artikel/karya ilmiah.


b. Mendorong dosen untuk mengirim artikel/karya ilmiah hasil penelitian untuk diseminarkan pada kegiatan seminar/konferensi nasional.


c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya penelitian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


8. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang terlaksana minimal 10 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas kegiatan pengabdian bagi kepentingan masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa.


b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan pengabdian pada masyarakat


c. Mendorong dosen untuk mengirim proposal hibah pengabdian.


d. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan pengabdian yang diselenggarakan secara lokal maupun nasional.


9. Jumlah publikasi artikel ilmiah hasil pengabdian dosen minimal 5 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi artikel hasil pengabdian dosen di tingkat nasional dan/atau internasional.


b. Memotivasi dosen untuk mengirim proposal hibah pengabdian.


c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya pengabdian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


10. Jumlah artikel hasil pengabdian yang diseminarkan secara nasional minimal 3 judul per tahun


a. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan artikel/karya ilmiah.


b. Mendorong dosen untuk mengirim artikel/karya ilmiah hasil pengabdian pada masyarakat untuk diseminarkan pada kegiatan seminar/konferensi nasional.


c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


11. Jumlah program kewirausahaan mahasiswa minimal 1 judul per tahun


a. Mengikutsertakan mahasiswa dalam seminar/workshop/pelatihan kewirausahaan


b. Mencari informasi dan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan hibah kewirausahaan.


c. Mendorong mahasiswa untuk melakukan kegiatan wirausaha.


12. Jumlah program kreatifitas mahasiswa (PKM) minimal 2 judul per tahun


a. Mendorong dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;


b. Mencari informasi dan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan (seminar, lomba dalam bidang keilmuan/olahraga/seni, dan forum/organisasi kemahasiswaan)


13. Meningkatkan pemberdayaan jejaring dengan stakeholders bagi kepentingan pengembangan program studi.


a. Membangun jaringan sosial (social link) secara berkesinambungan dengan Industri, alumni, dan institusi tempat alumni bekerja.


b. Melakukan diskusi terkait kebutuhan industri terhadap kompetensi lulusan program studi akuntansi.


c. Melibatkan industri dan alumni sebagai narasumber dalam kegiatan kemahasiswaan di program studi.


14. Meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan stakeholders guna keperluan kerja sama/magang bagi mahasiswa dan peningkatan kualitas alumni.


a. Menjalin komunikasi yang intens dengan alumni, institusi tempat alumni bekerja, dan industri lainnya untuk membuka peluang terjadinya kerja sama/magang bagi mahasiswa.


b. Meningkatkan pemberdayaan unit-unit dalam lingkup program studi, dan meningkatkan kepuasan layanan bagi mahasiswa, dosen, karyawan, serta stakeholders lainnya.



1. Accounting officer (teknisi akuntansi madya)


2. Junior Auditor (teknisi akuntansi madya)


3. Tax Officer (teknisi akuntansi madya)


4. Accounting Information System Officer (teknisi akuntansi madya)


5. Finance Officer (teknisi akuntansi madya)


6. Goverment accounting officer (teknisi akuntansi madya) 7. Entrepeneur.


KUESIONER

Kuesioner pengguna lulusan program studi D3 Akuntansi . Silahkan klik Link kuesioner

Kuesioner pemahaman visi, misi, dan tujuan program studi D3 Akuntansi . Silahkan klik Link Kuesioner

Kuesioner tracer study alumni jurusan akuntansi program studi D3 Akuntansi. Silahkan klik Link Kuesioner