Akuntansi (D3)

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka di bidang akuntansi dan berdaya saing global.



1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aplikatif dan berkualitas sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar global.


2. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi yang memberikan kontribusi bagi masyarakat dan pengembangan ilmu akuntansi.


3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berbasis ipteks melalui pemberdayaan sumber daya yang dimiliki.


4. Membina kerjasama serta mengembangkan jejaring kerja dengan stakeholders baik ditingkat nasional maupun internasional.



1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berdisiplin, beretika, kompeten, dan profesional serta berjiwa kewirausahaan.


2 Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian terapan serta publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.


3 Meningkatkan peran dan kontribusi dosen dan mahasiswa Program Studi Akuntansi melalui pengabdian untuk menunjang pembangunan nasional.


4 Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan


5 Meningkatkan kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan dengan stakeholders, baik di tingkat nasional maupun internasional.



1. Menciptakan SDM yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang akuntansi:


a. Minimal 80% IPK lulusan ≥ 3,0


b. Minimal 30% nilai rata-rata TOEIC ≥ 405


c. Minimal 80% masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan.


d. Minimal 35% lulusan memiliki sertifikat keahlian.


2. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan untuk menunjang pembangunan nasional:


a. Jumlah penelitian dosen minimal 10 judul per tahun


b. Jumlah publikasi artikel ilmiah hasil penelitian dosen minimal 8 judul per tahun


c. Jumlah artikel hasil penelitian yang diseminarkan secara nasional minimal 5 judul per tahun.


3. Menerapkan pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkontribusi bagi masyarakat melalui pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa.


a. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang terlaksana minimal 10 judul per tahun.


b. Jumlah publikasi artikel ilmiah hasil pengabdian dosen minimal 5 judul per tahun


c. Jumlah artikel hasil pengabdian yang diseminarkan secara nasional minimal 3 judul per tahun


4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan


a. Jumlah program kewirausahaan mahasiswa minimal 1 judul per tahun


b. Jumlah program kreatifitas mahasiswa (PKM) minimal 2 judul per tahun


5. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders jurusan Akuntansi.


a. Meningkatkan pemberdayaan jejaring dengan stakeholders bagi kepentingan pengembangan program studi.


b. Meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan stakeholders guna keperluan magang bagi mahasiswa dan peningkatan kualitas alumni.



1. Minimal 80% IPK lulusan ≥ 3,0


a. Mengadakan pelatihan, workshop, lokakarya, dan seminar bagi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan.


b. Menciptakan suasana akademik atmosfir yang kondusif di lingkungan jurusan akuntansi.


c. Mengoptimalkan proses pembelajaran dalam setiap semester dengan 19 kali pertemuan dengan tingkat capaian 85%, dengan pendekatan student center learning.


d. Memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan fasilitas perkuliahan di kelas, laboratorium, dan perpustakaan yang menggunakan kemajuan teknologi dan informasi guna mendukung efektifitas pembelajaran di program studi secara berkala.


e. Meningkatkan intensitas keterlibatan dosen dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan yang diselenggarakan di dalam maupun di luar negeri.


f. Mendorong dosen untuk mengikuti studi lanjut sesuai bidang keahlian.


2. Minimal 30% nilai rata-rata TOEIC ≥ 405


a. Pengembangan dan peningkatan kemampuan berbahasa inggris bagi mahasiswa


3. Minimal 80% masa tunggu lulusan sampai mendapatkan pekerjaan pertama ≤ 6 bulan.


a. Pengembangan jejaring dengan dunia usaha, dunia industri, dan alumni untuk rekrutmen tenaga kerja.


4. Minimal 35% lulusan memiliki sertifikat keahlian.


a. Pengembangan dan pemberian pelatihan tersertifikasi bagi mahasiswa


b. Mendorong dan mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan sertifikasi keahlian dan atau uji kompetensi.


5. Jumlah penelitian dosen minimal 10 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas hasil penelitian dosen yang berdaya guna bagi kepentingan masyarakat.


b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan metodologi penelitian.


c. Mendorong dosen untuk mengirim proposal hibah penelitian.


d. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan penelitian yang diselenggarakan di dalam dan/atau luar negeri.


6. Jumlah publikasi artikel ilmiah dosen minimal 8 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi artikel hasil penelitian dosen di tingkat nasional dan/atau internasional.


b. Memotivasi dosen untuk mengirim proposal hibah penelitian.


c. Memfasilitasi pengiriman karya penelitian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


7. Jumlah artikel yang diseminarkan secara nasional minimal 5 judul per tahun.


a. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan artikel/karya ilmiah.


b. Mendorong dosen untuk mengirim artikel/karya ilmiah hasil penelitian untuk diseminarkan pada kegiatan seminar/konferensi nasional.


c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya penelitian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


8. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang terlaksana minimal 10 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas kegiatan pengabdian bagi kepentingan masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa.


b. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan pengabdian pada masyarakat


c. Mendorong dosen untuk mengirim proposal hibah pengabdian.


d. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan pengabdian yang diselenggarakan secara lokal maupun nasional.


9. Jumlah publikasi artikel ilmiah hasil pengabdian dosen minimal 5 judul per tahun


a. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi artikel hasil pengabdian dosen di tingkat nasional dan/atau internasional.


b. Memotivasi dosen untuk mengirim proposal hibah pengabdian.


c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya pengabdian dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


10. Jumlah artikel hasil pengabdian yang diseminarkan secara nasional minimal 3 judul per tahun


a. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan artikel/karya ilmiah.


b. Mendorong dosen untuk mengirim artikel/karya ilmiah hasil pengabdian pada masyarakat untuk diseminarkan pada kegiatan seminar/konferensi nasional.


c. Memfasilitasi pengiriman hasil karya pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen pada jurnal nasional dan jurnal terakreditasi lainnya.


11. Jumlah program kewirausahaan mahasiswa minimal 1 judul per tahun


a. Mengikutsertakan mahasiswa dalam seminar/workshop/pelatihan kewirausahaan


b. Mencari informasi dan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan hibah kewirausahaan.


c. Mendorong mahasiswa untuk melakukan kegiatan wirausaha.


12. Jumlah program kreatifitas mahasiswa (PKM) minimal 2 judul per tahun


a. Mendorong dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;


b. Mencari informasi dan mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan (seminar, lomba dalam bidang keilmuan/olahraga/seni, dan forum/organisasi kemahasiswaan)


13. Meningkatkan pemberdayaan jejaring dengan stakeholders bagi kepentingan pengembangan program studi.


a. Membangun jaringan sosial (social link) secara berkesinambungan dengan Industri, alumni, dan institusi tempat alumni bekerja.


b. Melakukan diskusi terkait kebutuhan industri terhadap kompetensi lulusan program studi akuntansi.


c. Melibatkan industri dan alumni sebagai narasumber dalam kegiatan kemahasiswaan di program studi.


14. Meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan stakeholders guna keperluan kerja sama/magang bagi mahasiswa dan peningkatan kualitas alumni.


a. Menjalin komunikasi yang intens dengan alumni, institusi tempat alumni bekerja, dan industri lainnya untuk membuka peluang terjadinya kerja sama/magang bagi mahasiswa.


b. Meningkatkan pemberdayaan unit-unit dalam lingkup program studi, dan meningkatkan kepuasan layanan bagi mahasiswa, dosen, karyawan, serta stakeholders lainnya.



1. Accounting officer (teknisi akuntansi madya)


2. Junior Auditor (teknisi akuntansi madya)


3. Tax Officer (teknisi akuntansi madya)


4. Accounting Information System Officer (teknisi akuntansi madya)


5. Finance Officer (teknisi akuntansi madya)


6. Goverment accounting officer (teknisi akuntansi madya) 7. Entrepeneur.



1) SIKAP


a. Bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius;


b. Menunjukkan tinggi nilai kemanusiaan dalan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;


c. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;


d. Berperan sebagai warga yagn bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;


e. Menghargai keanekarahaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;


f. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;


g. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;


h. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;


i. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;


j. Menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.


2) PENGUASAAN PENGETAHUAN


a. Menguasai konsep teoritis akuntansi secara umum tentang penyajian laporan keuangan yang terdiri atas (a) Laporan Laba – Rugi, (b) Laporan perubahan ekuitas, (c) laporan posisi keuangan, (d) laporan arus kas, dan (e) catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum untuk perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public.


b. Menguasai konsep teoritis tentang biaya dan metode penentuan harga pokok produk.


c. Menguasai konsep teoritis tentang penyajian informasi akuntansi manajemen untuk mendukung pembuatan keputusan manajerial.


d. Menguasai konsep teoritis tentang audit laporan keuangan dengan penekanan pada audit program baik untuk pengujian kepatuhan maupun pengujian substantive dan pembuatan kertas kerja audit sesuai standar


e. Menguasai peraturan perpajakan dengan penekanan pada pajak penghasilan (Pph), dan pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah (PPN & PPnBM).


f. Menguasai konsep teoritis tentang anggaran komprehensif dengan penekanan pada anggaran operasional dan anggaran finansial.


g. Menguasai konsep teoritis tentang sistem informasi akuntansi yang meliputi elemen-elemen sistem, pengaruh teknologi terhadap sistem, pengendalian interen, dan sistem akuntansi yang lengkap pada sebuah perusahaan.


h. Menguasai konsep, prosedur, metode, dan teknik analisis laporan keuangan serta penginterpretasian hasil analisis laporan keuangan.


i. Menguasai konsep teoritis tentang penyajian laporan keuangan untuk masalah akuntansi yang spesifik dengan penekanan pada akuntansi kantor cabang dan kantor pusat, akuntansi perusahaan anak dan perusahaan induk (konsolidasi), dan akuntansi penggabungan usaha.


j. Menguasai konsep teoritis mengenai teknologi informasi yang berpengaruh pada proses akuntansi khususnya piranti lunak (software) aplikasi akuntasi, aplikasi pengolah angka/ spreadsheet, dan aplikasi pengelola data/dBase.


k. Menguasai konsep teoritis mengenai penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum pemerintahan.


3) KETERAMPILAN UMUM


a. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis dan dengan beragam data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;


b. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;


c. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara sendiri;


d. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;


e. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;


f. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;


g. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawbnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.


4) KETERAMPILAN KHUSUS


a. Mampu menyajikan laporan keuangan yang tediri atas (a) laporan laba-rugi, (b) laporan perubahan ekuitas, (c) laporan posisi keuangan, (d) laporan arus kas, dan (e) catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum untuk perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public.


b. Mampu menghitung harga pokok produk dan nenyajikan laporan harga pokok produk perusahaan manufaktur.


c. Mampu menyajikan informasi akuntansi manajemen dengan penekanan pada kemampuan dalam menganalisis biaya yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan oleh manajemen.


d. Mampu melaksanakan audit laporan keuangan dengan penekanan pada kemampuan dalam melaksanakan audit program baik untuk pengujian kepatuhan maupun pengujian substantif dan kemampuan dalam membuat kertas kerja audit.


e. Mampu menghitung dan memperhitungkan pajak penghasilan (Pph), dan pajak pertambahan nilai & pajak penjualan atas barang mewah (PPN & PPnBM) serta mampu menyiapkan surat setoran pajak (SSP) dan surat pemberitahuan pajak (SPT).


f. Mampu menyiapkan anggaran perusahaan secara konprehensif dengan penekanan pada anggaran operasional dan anggaran finansial.


g. Mampu menginplementasikan sistem informasi akuntansi dalam penyelesaian pekerjaan di bidang akutansi.


h. Mampu melakukan analisis terhadap laporan keuangan dengan penekanan pada kemampuan dalam menghitung rasio-rasio keuangan untuk menyajikan informasi tentang kondisi dan kinerja keuangan perusahaan (bisnis).


i. Mampu menyajikan laporan keuangan untuk masalah akuntansi untuk masalah akuntasi yang spesifik yaitu akuntansi kantor cabang dan kantor pusat, akuntansi perusahaan anak dan perusahaan induk (konsolidasi), dan akuntansi penggabungan usaha.


j. Mampu menerapkan teknologi informasi dalam proses akuntansi dalam proses akuntansi dengan penekanan pada kemampuan dalam mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (software) aplikasi pengolah angka (spreadsheet), aplikasi pengolah data (dBase), dan aplikasi akuntansi.


k. Mampu menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip akuntasi yang berlaku umum untuk pemerintahan.


l. Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerja sama dengan kerja kelompok (team work).


m. Mampu menyiapkan laporan terulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggung jawab kelompok kerja (team work).


n. Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif.


o. Mampu menerapkan etika pergaulan di bidang bisnis dan praktik professional dalam bekerja.


p. Mampu menerapkan praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.


q. Mampu melakukan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sendiri.


r. Mampu melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sebagai pimpinan kelompok kerja (team work).


s. Mampu melakukan supervise dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kelompok kerja (team work) yang dipimpinnya.