POLSRI Ikuti Gelar TTG Tingkat Perguruan Tinggi se-Sumsel Tahun 2015

Teknologi tepat guna adalah suatu teknologi yang dikembangkan yang dikarakterisasikan oleh adanya kreativitas dan rekayasa yang mengenali kondisi sosial, lingkungan, politik, ekonomi, dan aspek teknik dimana menjadi solusi teknologi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat (Schumacher, 1965). Pengembangan, penerapan dan pemanfaatan teknologi tepat guna dapat memberikan nilai tambah pada kegiatan perekonomian masyarakat.  Teknologi tepat guna adalah salah satu pilar utama bersama sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam pembangunan ekonomi pedesaan melalui pemberdayaan masyarakat.

Politeknik Negeri Sriwijaya yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai kemampuan dalam hal teknologi sangat berperan dalam membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perekonomian, lingkungan dan lain-lain.

Dalam rangka undangan partisipasi pada pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera Selatan Tahun 2015. Polsri memperlihatkan kepada masyarakat teknologi tepat guna yang sudah dirancang dan diuji cobakan. Gelar TTG ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa pada tanggal 31 Maret 2015 – 2 April 2015 bertempat di Lapangan Parkir Universitas IBA Palembang.

Teknologi Tepat Guna yang di pamerkan oleh Polsri antaralain Thermal And Catalytic Cracking Reactor Reactor Unit (Konversi Sampah Plastic Menjadi Bahan Bakar Cair),Plate Dryer ( Alat Pengering Kerupuk), Mesin Pengupas Sabut Kelapa, Mesin Pengiris Singkong, Alat Pengukur Denyut Nadi Melalui Pendeteksian Jari Tangan Berbasis Mikrokontroler Atmega 8583, Pengatur Tegangan Listrik Pada Lampu Melalui Wireless Berbasis Mikrokontroler Atmega16.