Himpunan Mahasiswa Jurusan Elektro Selenggarakan PEKAN RAYA ELEKTRO NASIONAL (PREN) 2015

PEKAN RAYA ELEKTRO NASIONAL (PREN) 2015 Kegiatan ini akan diikuti oleh berbagai perwakilan dari perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Teknik Elektro yang ada di Indonesia acara dilaksanakan mulai tanggal 30 Maret 2015 dan berakhir tanggal 2 April 2015. acara yang berlangsung selama empat hari ini menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti :

Pada hari senin tanggal 30 Maret dilaksanakan Seminar Otomasi Bersama Schneider, Otomasi adalah sebuah bidang ilmu dimana kita dituntut untuk membuat / merubah sebuah mesin yang manual menjadi otomatis yang berupa penggunan mesin, sistem kontrol dan teknologi informasi untuk optimisasi produksi dan pengiriman barang dan jasa. Karena itu, banyak teknologi dan industri yang mengaplikasikan otomasi . Di zaman yang serba modern ini, otomasi telah menjadi pilihan dimana semuanya serba otomatis. Selain untuk mempermudah, otomasi juga dapat menghemat waktu, dan biaya. Sehingga otomasi dapat mempercepat perkembangan dunia industri. Sadar dengan tuntutan dibidang otomasi yang semakin meningkat oleh karena itu kami melaksanakan Seminar Otomasi Bersama Schneider untuk mensosialisasikan sertifikat kualifkasi pengoperasian otomasi.

Kegiatan donor darah akan dilaksanakan dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga 13.00 siang bagi mahasiswa maupun dosen yang ingin berpartisipasi silahkan dating ke Poliklinik Politeknik Negeri Sriwijaya. “Karena setetes darah anda, sehatkan jiwa selamatkan raga”.

Pada hari kedua Selasa, 31 Maret dilaksankan Line Follower Robotic Competition. Kegiatan ini sebagai ajang kompetisi, silaturahmi serta penyalurkan bakat kepada mahasiswa mahasiswi di seluruh Indonesia dalam bidang robotika, oleh karena itu kami HMJ Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya mengadakan lomba Line Follower Robotic. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh institusi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan target peserta40 tim. PREN 2015 menciptakan Line Follower Robotic Competition dengan track dan tantangan yang lebih berkembang dari track Line Follower Robotic Competition yang sebelumnya pernah diadakan.

PLC Competition (Programmable Logic Control) Kegiatan ini sebagai ajang kompetisi, silaturahmi serta penyalurkan bakat kepada mahasiswa- mahasiswi di seluruh Indonesia dalam bidang Otomasi. Oleh karena itu kami HMJ Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya mengadakan PLC Competition. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh institusi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan target peserta 50 tim. PREN 2015 mengadakan lomba PLC Competition dengan program logika yang efisiendan lebih menantang dari kompetisi PLC yang pernah diadakan.

National Paper Competition 2015, Lomba ini merupakan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional yang bertujuan untuk membangun wawasan dan meningkatkan kemampuan mahasiwa dalam bidang ilmiah berupa karya tulis. Kegiatan NPC 2015 ini, akan dilaksanakan melalui 2 tahap seleksi penilaian naskah, dimana setelah juri melakukan penilaian, juri akan memutuskan 15 karya terbaik dan akan masuk kebabak grandfinal berupa presentasi hasil karya tulis yang mereka buat. Kegiatan ini akan mengangkat tentang inovasi-inovasi baru tentang teknologi aplikatif, yang nantinya output karya tulis ilmiah ini dijadikan referensi maupun rekomendasi guna inovasi teknologi di Indonesia.

Bazar Elektro merupakan salah satu kegiatan yang akan diadakan untuk mengenalkan dan menampilkan hasil karya mahasiswa sekaligus meramaikan Pekan Raya Elektro Nasioal 2015 dan akan diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dan mahasiswa dari luar Politeknik Negeri Sriwijaya. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai dari tanggal 30 Maret- 1 April 2015.

Pada hari ke tiga dilaksanakan, Seminar Mobil Listrik, Seminar ini bertujuan memberikan ilmu pengetahuan yang baru mengenai dunia teknologi mekanikal dan elektrikal dalam pengaplikasiannya di dunia pendidikan. Selain itu, memberikan pandangan kepada mahasiswa agar berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan dan menciptakan sesuatu alat ataupun transportasi yang ramah lingkungan dan biaya yang lebih ekonomis. Seminar ini sendiri akan disampaikan dari SCHNEIDER.

Seminar Motivasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta seminar untuk kreatif dan menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa serta mendorong mahasiswa untuk sukses di usia muda. Selain itu pembicara yang berinteraksi untuk melakukan hipnoterapy dapat membuat mahasiswa lebih antusias dan ilmu yang disampaikan pun akan lebih mudah diterima oleh peserta seminar.

sedangkan pada hari terakhir dilaksakan Kunjungan Industri dan kunjungan wisata yang akan di adakan di kota Palembang ini merupakan kunjungan ke industry besar yang ada di kota Palembang yang bertujuan untuk mengenalkan tentang industri tersebut seta memberikan ilmu yang belum tentu mereka dapatkan di perkulihan. Sedangkan kunjungan wisata adalah kunjungan di tempat tempat terkenal di kota Palembang, selain untuk memberikan pengetahuan tentang tempat wisata tersebut kunjungan wisata ini juga bertujuan untuk menghilangkan rasa penat peserta sesudah perlombaan dan mempererat silaturahmi sesama peserta baik dari dalam maupun luar Palembang.