Hasil survei Webometrics periode Agustus 2014-Januari 2015 Polsri menduduki peringkat pertama untuk kategori Politeknik

Hasil survei Webometrics periode Agustus 2014-Januari 2015, Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menduduki peringkat pertama untuk kategori Politeknik di Indonesia.

Webometrics merupakan salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui website perguruantinggi tersebut.

Pembantu Direktur IV, DR Ing Ahmad Taqwa MT menjelaskan, salah satu indikator penilaian dari perangkat survei ini dengan melihat jumlah isi konten dalam website perguruantinggi yang dijadikan referensi bagi domain web perguruantinggi (inlinks) lain, baik bersifat informasi maupun jurnal dari para peneliti.

“Jumlah pengunjung dalam satu periode juga menjadi penilaian bagi Webometrics. Penilaian ini dilihat dari domain perguruantinggi yang tertangkap oleh mesin pencari atau Google search dapat langsung terlihat di laman pertama pencarian.

Hasil pencarian laman Polsri tahun ini tercatat sudah ada 62874 pengunjung. Rinciannya, bulan Januari ada 20.934 pengunjung, Februari 27.751 pengunjung dan pencarian dari 1-11 Maret, sudah ada 14.189 pengunjung.

Tapi bukan itu indikator penilaian tertinggi, Webometrics melihat konten Polsri yang dijadikan referensi pengunjung.

Dari beberapa indikator inilah, Polsri menduduki peringkat pertama untuk kategori Politeknik. Peringkat selanjutnya diduduki Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Padang dan Politeknik Negeri Bandung. Sementara, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bergeser dari sebelumnya meraih peringkat pertama.

Di tingkat Perguruan tinggi, Polsri menduduki peringkat 56 Indonesia, masih tinggi dibanding Universitas Sriwijaya (Unsri) peringkat 33 dan peringkat pertama diraih oleh Universitas Gajah Mada (UGM). “Untuk tingkat Asia Tenggara, peringkat pertama diraih National Taiwan University (NTU) sementara UGM peringkatnya puluhan,” akunya.

Sementara itu, Direktur Polsri RD Kusumanto menilai, raihan peringkat tersebut menunjukkan jika Politeknik Negeri Sriwijaya sudah di kenal oleh pengguna website baik di Indonesia maupun dunia. Bukan itu saja, jurnal yang menjadi referensi bagi pengunjung laman juga memperlihat kualitas tulisan dari para dosen mulai diakui masyarakat.