Polsri Bekali Mahasiswa dengan Sertifikasi Keahlian

Menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir tahun 2015, sertifikat keahlian dan sertifikat keterampilan lulusan teknik akan bermanfaat bagi para calon lulusan.

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Polsri sejak tiga tahun terakhir telah mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti uji kompetensi sertifikasi dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Sumsel dan Ikatan Ahli Konstruksi Indonesia (IAKI) Sumsel.

Acara yang berlangsung tanggal 10-12 Maret 2015, ada empat konsentrasi sertifikasi yang diberikan seperti ahli teknik jalan (SKA 202), pelaksana lapangan pekerjaan perumahan dan gedung (SKT 020), pelaksana lapangan pekerjaan jalan (SKT 028) dan pelaksana lapangan pekerjaan jaringan irigasi (SKT 030).

Pembantu Direktur I Politeknik Negeri Sriwijaya, H. Firdaus, S.T.,M.T. mengatakan proses sertifikasi mahasiswa teknik sipil ini menjadi rangkaian yang penting untuk diperoleh oleh setiap mahasiswa teknik sipil. Sertifikasi tersebut akan menjadi bekal untuk mencari pekerjaan. “Persaingan kerja sangat ketat. Sertifikasi tersebut bisa menjadi kelengkapan yang bisa menunjang suatu perusahaan, khususnya di bidang konstruksi,

Sampai saat ini lebih dari 300 sertifikat kami keluarkan untuk mahasiswa Polsri, kami menilai mereka sudah mampu dan berhak mendapatkan sertifikat sesuai keahlian, terang Ketua DPD Ikatan Ahli Konstruksi Indonesia (IAKI) Sumsel, Drs Djon Panggarbesi MM usai menghadiri Pelatihan Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Keterampilan.

Kedepan Polsri akan bekerjasama dengan beberapa lembaga pelatihan dan uji kompetensi tidak hanya dengan mahasiswa jurusan teknik, beberapa jurusan juga akan dilakukan pelatihan sertifikasi seperti mahasiswa jurusan elektro, teknik mesin, dan teknik kimia.