POLSRI DUKUNG PALEMBANG MENJADI DESTINASI WISATA MICE

Event Organizer atau biasa disingkat EO adalah orang atau badan usaha yang menyediakan jasa professional penyelenggara acara seperti pameran, festifal, pertunjukan, seremonial, kompetisi, pesta atau pertemuan. Di Sumatera Selatan, geliat dunia Event Organizer sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan berskala nasional maupun internasional mulai banyak digelar di Provinsi ini. Namun sayangnya peran serta partisipasi dari Event Organizer lokal masih kurang, kalah bersaing dengan event organizer dari luar Sumatera Selatan terutama dari Jakarta.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Politeknik Negeri Sriwijaya melalui Jurusan Administrasi Niaga saat ini tengah mempersiapkan pendirian Program Diploma IV Program Studi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Untuk mensosialisasikan rencana pendirian program tersebut bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang menggelar Pelatihan Event Organizer dengan Tema “Melalui Pelatihan Event Organizer (EO) Praktis se-Kota Palembang Kita Jadikan EO Lokal Menjadi Tuan Rumah Penyelenggara Event di Sumatera Selatan”.

Kemarin (Rabu, 2 Juni 2010), pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya. Pelatihan yang rencananya berlangsung selama 2 hari (2 s.d 3 Juni) tersebut mendatangkan nara sumber yang sangat kompeten dibidangnya. Diantaranya Helmy Yahya (Presenter, Praktisi EO) dan Syafik Gani (Direktur PALTV). Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini, Event Organizer yang ada di Sumatera Selatan dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengemas berbagai event dengan baik dan memuaskan pengguna jasa EO.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari pemerintah kota Palembang, hal tersebut disampaikan oleh H. Ismail Ishak dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Beliau juga menjelaskan kebutuhan akan sumberdaya manusia untuk dapat mewujudkan Kota Palembang sebagai salah satu tujuan utama wisata MICE di Indonesia maupun Internasional. Harapan beliau dengan adanya pelatihan ini, dapat menggugah praktisi – praktisi EO di Sumatera Selatan untuk dapat ikut berperan aktif untuk mendukung mewujudkan tujuan tersebut di atas.

Bak gayung bersambut, RD. Kusumanto (Direktur Polsri) dalam sambutannya menjelaskan bahwa Politeknik Negeri Sriwijaya sebagai lembaga pendidikan tinggi akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah daerah yang bertekad menjadikan kota Palembang sebagai salah satu tujuan utama wisata MICE di Indonesia. Untuk itu diperlukan SDM yang dapat memanfaatkan potensi sumber daya di Sumatera Selatan agar dapat diolah sehingga mempunyai nilai lebih, dan pada akhirnya menciptakan ketertarikan pihak luar terhadap kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Pada kesempatan terpisah, beliau juga menjelaskan bahwa Polsri sudah merespon dan melihat peluang tersebut yaitu dengan adanya Jurusan Bahasa Inggris dengan konsentrasi Pariwisata dan Perhotelan. Dan Polsri juga berencana membuka Program baru Diploma IV MICE.