POLSRI’S ENGLISH DEBATING COMPETITION 2010

Dalam rangka mempersiapkan wakilnya yang akan ikut Lomba Debat Bahasa Inggris NUEDC dan NPEDC, tanggal 1 Mei 2010, Jurusan Bahasa Inggris (Koordinator kegiatan) mengadakan POLSRI’S ENGLISH DEBATING COMPETITION 2010” dengan temaa prestigious road to NATIONAL UNIVERCITY ENGLISH DEBATE CHAMPIONSHIP (NUEDC) & NATIONAL POLITHEHNIC ENGLISH DEBATE COMPETITION (NPEDC).

Debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Argumentasi yang sampaikan harus mempunyai alasan (reasoning) dan dukungan fakta yang jelas, seperti yang diungkapkan oleh Dra. Tiur Simanjuntak, M.Ed.M. Ditambahkan pula kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Seleksi. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan adalah 1. Workshop Adjudicator/Dewan Juri yang diikuti oleh dosen-dosen bahasa Inggris; 2. Audisi Debater yang diikuti lebih dari 60 mahasiswa dan yang lolos audisi sebanyak 33 orang; 3. Pembekalan calon-calon debaters selama 2 (dua) minggu. Dan selanjutnya setelah terpilih pemenangnya maka akan dilakukan Latih tanding dan pembekalan sebelum mereka diterjunkan dalam kompetisi NUEDC dan NPEDC.

Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya mengatakan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata untuk kepentingan jurusan bahasa Inggris tetapi kegiatan ini dapat dijadikan sebagai media bagi seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Direktur juga menjanjikan reward bagi tim debaters yang nantinya akan mengikuti kedua kompetisi tersebut apabila masuk dalam 3 besar baik NUEDC maupun NPEDC. Beliau juga mengingatkan bahwa Politeknik Negeri Sriwijaya pernah menjadi Juara Pertama Kompetisi NPEDC di Malang tahun 2004. Untuk itu dengan diadakannya kegiatan ini, harapan beliau adalah mendapatkan duta-duta terbaik yang nantinya akan memberikan prestasi yang maksimal.

Jadwal kegiatan NUEDC tingkat nasional dilaksanakan pada awal Juni minggu pertama di Yogyakarta. Sedangkan Jadwal kegiatan NPEDC dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2010 di Politeknik Negeri Samarinda.