PELUANG BEKERJA DI PT. PLN BAGI MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM STUDI TEKNIK LISTRIK

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik tahun akademik 2010/2011 berpeluang besar untuk dapat bekerja di PT. PLN. Hal ini terkait dengan MoU yang telah disepakati antara PT. PLN dan Politeknik Negeri Sriwijaya yang ditandatangani pada hari Kamis, 22 April 2010, untuk melaksanakan perjanjian kerjasama Program Pendidikan Diploma Tiga (D III) Kelas Kerjasama. Dimana dengan persyaratan yang telah ditentukan mahasiswa lulusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik dapat langsung mengikuti Diklat Prajabatan PLN sebagai prasarat untuk diangkat menjadi pegawai PLN.

Perjanjian kerjasama ini diadakan dengan maksud untuk menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan kebutuhan bidang teknik di PT. PLN (Persero) dengan tujuan agar diperoleh lulusan Diploma Tiga (D III) yang siap bekerja dan memiliki kompetensi cukup untuk diterima sebagai Pegawai PT. PLN. Dijelaskan pula bahwa untuk merekrut serta membina SDM baru yang selama ini dilakukan oleh PT. PLN menghabiskan biaya yang besar. Tetapi dengan dibukanya kerjasama ini setidaknya dapat meminimalkan cost tersebut dan SDM baru yang direkrut bisa langsung bekerja sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ir. Eddy D. Erningpraja, MT. Disamping kesempatan bekerja, PT. PLN juga memberikan Beasiswa kepada tiga mahasiswa dengan prestasi terbaik di setiap jurusan yang akan diberikan pada semester tiga, tambahnya.

Inilah Link and Macth yang diharapkan antara dunia pendidikan dan dunia usaha. Dimana terjadi simbiosis mutualisme antara Perguruan Tinggi dengan stakeholder khususnya PLN. Pembinaan yang dilakukan untuk memenuhi pasokan Sumber Daya Manusia sesuai dengan yang diinginkan oleh Dunia Usaha diserahkan kepada perguruan tinggi. Dan Dunia Usaha siap menampung Sumber Daya Manusia tersebut, sehingga mis-match yang selama ini terjadi antara supply dan demand dapat dikurangi, ungkap RD. Kusumanto, ST, MM.

Dari PT. PLN (Persero) diwakili oleh Ir. Eddy D. Erningpraja, MT selaku Direktur SDM dan Umum dan dari Politeknik Negeri Sriwijaya diwakili langsung oleh RD. Kusumanto, ST, MM selaku Direktur dengan didampingi oleh para Pembantu Direktur. Dalam Kesempatan yang sama PT. PLN juga menandatangani MoU dengan Universitas Sriwijaya yang diwakili langsung oleh Prof. Dr. Hj. Badia Perizade, M.B.A selaku Rektor dengan didampingi Pembantu Rektor III.

Akhir dari acara ini adalah pemberian kuliah umum bagi mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dan Universitas Sriwijaya tentang Kelistrikan di Indonesia.