Robot Green Planet Meriahkan Expo Polsri

Di antara stand yang meramaikan Bazar dan Expo Politeknik Negeri Sriwijaya ( Polsri) 2013, stand jurusan Teknik Elektro Polsri cukup menarik perhatian pengunjung. Pasalnya, di stand ini terdapat robot yang diberi nama “Green Planet” yang merupakan hasil inovasi mahasiswa Teknik Elektro Polsri.

Sutanto, mahasiswa semester V Teknik Elektro Polsri, Selasa (22/10/2013) mengatakan, robot ini merupakan inovasi yang diikutsertakan dalam ajang kompetisi robot di Lampung dan berhasil menjadi kontestan tingkat Nasional. Ia menjelaskan robot ini dapat mengangkat barang yang massanya berupa tabung gabus berukuran diameter 30 cm.

Robot ini berhasil menjadi kontestan tingkat Nasional karena dianggap ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi. “Robot ini menggunakan aki yang didorong oleh tenaga angin atau menggunakan sistem pneumatic. Hanya saja, karena ini merupakan robot yang diikutkan dalam kompetisi, saat ini kegunaannya memang belum begitu besar untuk masyarakat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan robot ini terbagi atas dua jenis berdasarkan pengoperasiannya, yaitu manual dan otomatis. Robot manual digerakkan menggunakan joystick, sedangkan green planet otomatis menggunakan sensor warna. Hanya saja, robot otomatis ini harus berjalan di jalan yang memiliki minimal dua warna, yaitu hitam dan putih.

Diakuinya, untuk dua buah robot ini mereka menghabiskan total Rp 20 juta yang dananya mereka dapatkan dari bantuan Polsri dan sponsor. Dana itu dibutuhkan untuk bahan-bahan perakitan robot dimulai dari roda, pneumatic (sistem angin), kabel, serta pengungkit.

Namun, Sutanto mengaku ia dan timnya tidak berniat untuk mengembangkan robot ini karena menurut mereka selain dibutuhkan dana yang tidak sedikit, mereka justru berusaha mengembangkan robot lain untuk diikutkan dalam kompetisi tahun depan.

“Kita membuat robot yang disesuaikan dengan tema kompetisi, seperti tahun depan temanya ayah dan anak. Jadi kita akan membuat dua buah robot yang fungsinya sebagai ayah dan anak. Saat ini sedang dalam tahap perencanaan,” katanya.

Selain stand jurusan Teknik Elektro, masih terdapat belasan stand lain yang ikut memeriahkan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini. Penanggung jawab kegiatan Indri Ariyanti SE MSi mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh jurusan yang ada di Polsri.

Tidak hanya jurusan, tetapi juga diikuti tujuh Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang menyediakan berbagai hasil usahanya. Tujuannya, selain untuk memeriahkan Dies Natalis Polsri ke-XXIX, melalui bazar dan expo ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk berwirausaha.

“Kita ingin memotivasi mahasiswa untuk berwirausaha, selain itu kita juga ingin menunjukkan berbagai inovasi yang dikembangkan mahasiswa Polsri,” jelasnya. Diharapkan, mahasiswa dapat terus mengembangkan kemampuannya di bidang apapun, baik di bidang wirausaha maupun inovasi. (damayanti pratiwi)