Polsri dapat Bantuan Pengadaan Bus kampus dan Peralatan Lab serta Perpustakaan lewat program CSR Bank Mandiri

Palembang, 24 Februari 2012 – Bank Mandiri menyalurkan bantuan hibah senilai Rp. 1,2 miliar untuk mengembangkan sarana ibadah, pendidikan dan fasilitas umum di wilayah Sumatera bagian Selatan. Dana itu juga akan dipergunakan untuk memberikan pelatihan kepada petani-petani karet di Pusat Penelitian karet Balai Sembawa.

Bantuan yang berasal dari dana Program Bina Lingkungan Bank Mandiri tahun anggaran 2011 ini diserahkan secara simbolis oleh seminar Vice President Regional Commercial, Sales I Bank Mandiri Aquarius Rudianto kepada RD Kusumanto Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya, Maman Suparman Perwakilan Pusat Penelitian karet Balai Sembawa, Lishapsari Prihatini Kepala Stisipol Candradimuka, Romo Fridho Mulya Ketua Dewan Pengurus Yayasan Stisipol Candradimuka, Romo Fridho Mulya Ketua Dewan Pengurus Yayasan Xaverius, Chaikrit Direktur PT. Sri Trang Lingga Indonesia, Joko S.S Hartono Pembantu Direktur II Politeknik Negeri Lampung, Fahrurrozi Pembantu Rektor I Universitas Bengkulu  (perwakilan penerima hibah ) dan disaksikan oleh Adhi Sadewo, Vice President Bank Mandiri Commercial Banking Center Palembang dan kepala kantor wilayah II Palembang Bank Mandiri Adang Joedianto di Palembang, Jumat (24/2).

Dari total bantuan yang diberikan, sebesar Rp. 100.000.000.00 dialokasikan untuk memberikan pelatihan petani karet Pusat Penelitian Karet Balai Sembawa, Rp. 351.707.500,00 digunakan untuk membangun masjid di PT. Sri Trang Lingga Indonesia Palembang yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Dana sebesar Rp. 538.750.000,00 dimanfaatkan untuk pengadaan bus kampus dan perlengkapan laboratorium serta perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI), Rp. 65.260.000,00 untuk mengembangkan taman hutan kampus di Universitas Bengkulu (UNIB).

Dana bantuan sebesar Rp. 50.000.000,00 akan digunakan untuk membangun laboratorium pemasaran Politeknik Negeri lampung (POLINELA), sebesar Rp. 48.000.000,00 untuk pengadaan fasilitas pendidikan yayasan Xaverius Palembang dan dana sebesar Rp. 27.725.000,00 dialokasikan untuk meningkatkan fasilitas perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Candradimuka Palembang.

“Kami ingin kehadiran Bank Mandiri di tengah masyarakat dapat benar-benar dirasakan. Terlebih, dukungan masyarakat selama ini telah menjadikan Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia,” kata Senior Vice President Regional Commercial Sales I Bank Mandiri Aquarius Rudianto.

Aquarius Rudianto mengemukakan bahwa implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri dilaksanakan melalui tiga pilar utama yaitu Pembentukan komunitas mandiri melalui pelaksanaan program Mandiri Bersama Mandiri yang bertujuan untuk membina kelompok masyarakat/komunitas secara terintegrasi dalam hal kapasitas, infrastruktur, kapabilitas dan akses.

Kemudian, lanjut Aquarius, pencapaian kemandirian edukasi dan kewirausahaan melalui pelaksanaan program wirausaha Mandiri dan Mandiri Peduli Pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan pemimpin di masa depan yang siap dengan persaingan global. Pilar yang terakhir adalah penyediaan fasilitas ramah lingkungan melalui pelaksanaan enam program utama yaitu penyediaan sarana penunjang pengadaan air bersih, pengembangan energi terbarukan, penanaman pohon pada lahan kritis, penanaman dan pemeliharaan tumbuhan bakau, pengadaan taman kota dan pengembangan eco wisata.

Terkait dengan hal itu, Bank Mandiri telah menyalurkan program kemitraan sebesar Rp. 109,1 miliar dan Bina Lingkungan sebesar Rp.238,1 miliar hingga Desember lalu. Dari Jumlah tersebut, Program kemitraan yang telah disalurkan Bank Mandiri di wilayah Sumatera Bagian Selatan pada tahun 2011 sebesar Rp. 4,1 miliar dan sebesar Rp. 5,3 miliar untuk penyaluran dana Bina Lingkungan di Sumatera Bagian Selatan