Pelantikan RD. Kusumanto, ST.,MM. sebagai Direktur Polsri Masa Bakti 2012-2016

JakartPelantikan Direktur Polsria, 27 Januari 2012. RD. Kusumanto, ST.,M.M, dilantik yang kedua kalinya sebagai direktur politeknik Negeri Sriwijaya untuk masa bakti 2012-2016 oleh menteri pendidikan dan kebudayaan RI ruang auditorium kementerian RI. Acara diawali dengan lagu kebangsaan Indonsia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Direktur Jenderal PAUD, Staf Ahli bidang Hukum Kemendikbud, dan Staf Ahli bidang kerjasama Internasional Kemendikbud, kemudian disambung dengan pembacaan Keputusan Menteri no: 85/MTK.A4/KT/2012 tentang pengangkatan Rektor dan Direktur di lingkungan Dirjen Dikti periode 2012 – 2016.

Bersama dengan pelantikan Direktur Polsri dilantik juga Rektor Universitas Jember dan Universitas Jambi. Pengambilan sumpah jabatan diambil langsung oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. M. Nuh dan para pejabat yang dilantik didampingi oleh Rohaniawan beragama Islam. Acara kemudian disambung dengan penandatanganan naskah sumpah jabatan oleh masing –masing pejabat baru yang disaksikan langsung oleh Bapak Menteri dan selanjutnya melantik secara resmi RD. Kusumanto ST, M.M, selaku direktur polsri periode 2012-2016.

 

Pelantikan Direktur PolsriDalam sambutannya Prof. Dr M Nuh menyampaikan bahwa pertama, kita harus bersyukur kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Esa, karena dunia pendidikan mendapat perhatian khusus dari negara yang diamanatkan dalam konstitusi negara tentang anggaran pendidikan. Oleh sebab itu kita (Perguruan Tinggi) harus menunjukan potensi, dedikasi, dan komitmen kita atas amanah tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan tersebut dapat dijalankan dengan baik. Kedua, Bapak Mentri juga mengucapkan selamat kepada Direktur dan Rektor yang dilantik dan mendo’akan semoga dapat mengemban amanah tugas dan tanggung jawab dengan baik. Bila tugas di lingkungan kementrian pendidikan diklasifikasikan, sebenarnya tugas tersebut tidaklah banyak, namun besar http://www.polsri.ac.id/files/2012/01/a1.jpgbila dilihat dari sisi energi yang dikeluarkan. Selanjutnya Bapak Menteri menyampaikan bahwa secara garis besar terdapat tiga tugas pokok yang harus dilakukan oleh pimpinan Perguruan Tinggi: 1. Membuat kebijakan; 2. Melaksanakan kebijakan-kebijakan dengan prinsip akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas, serta transparansi; 3. Memberikan pelayanan yang bersifat administratif dan akademik. Pelaksanaan tugas secara terstruktur telah diatur dalam undang-undang, sehingga dalam pelaksanaan yang diperlukan selanjutnya hanyalah koodinasi dengan pemerintah daerah dan elemen-elemen yang ada di masyarakat, karena tanggung jawab pendidikan itu pada dasarnya tidak hanya dibebankan kepada pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab kita semua dan masyarakat untuk turut membangun dan menjaga dunia pendidikan itu sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Menteri juga menyampaikan pesan Presiden SBY kepada Kemendikbud untuk melatih anak-anak usia dini belajar “antri” dan budaya “bersih”, karena antri merupakan praktek dasar atas pemahaman hak-hak orang lain dan hak diri sendiri.

Secara khusus selanjutnya Bapak Mentri juga memberikan pesan kepada para pejabat yang baru dilantik bahwa:

  1. Perguruan Tinggi itu tidak ada lagi jenjang pedidikan di atasnya, oleh karena itu kembangkanlah Perguruan Tinggi itu menjadi pusat dari ilmu pengetahuan yang muliah.
  2. Letakkanlah nilai akademik, budaya akademik, dan tradisi akademik pada posisi tertinggi.
  3. Tetap jaga keramahan sosial, jangan pernah memberhentikan mahasiswa karena kemampuan sosial. Justru sebaliknya Perguruan Tinggi harus memberi kesempatan  pendidikan dan menjemput mereka yang kurang mampu secara sosial untuk masuk ke Perguruan Tinggi.
  4. Kemendikbud mengajak mulai tahun 2012 untuk menghapus korupsi dari kamus bahasa pendidikan. Dunia pendidikan diharapkan akan menjalankan program pendidikan berbasis anti korupsi dan menjadikan korupsi sebagai musuh besar kita.

Dipenghujung acara ditutup dengan do’a dan pemberian ucapan selamat  kepada para pejabat yang dilantik dan dilanjutkan dengan acara ramah tama.

Pelantikan yang dimulai pukul 09.15 WIB itu berlangsung dengan hikmat, RD Kusumanto yang di dampingi isteri dan anaknya serta dihadiri oleh anggota senat, para pembantu direktur serta dihadiri pula oleh sesepuh Polsri Bapak Prof. Machmud Hasim dan Prof. Wospodo dari Unsri yang turut menyaksikan acara yg sangat penting untuk masadepan polsri 4 tahun kedepan.