Simulasi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Sistem Sisfo Kampus

Rabu, 15 Juli 2009 – Bertempat di AULA Gedung KPA, ICT Polsri dengan PT. Ultra Smart menggelar simulasi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru. Simulasi ini disamping bertujuan untuk memperkenalkan mekanisme kerja dari SisfoKampus, juga untuk menguji sistem ini dari kemungkinan masalah yang akan ditimbulkan dalam Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru. Misalnya, pemilihan jurusan dengan kesesuaian Ijazah, batas usia calon pendaftar dll.

Menurut Lina Tri Mugi Astuti perwakilan dari PT. Ultra Smart, ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan Politeknik Negeri Sriwijaya menuju pada e-campus tahun 2010. Dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010, sistem ini akan diberlakukan berdampingan dengan sistem penerimaan konvensional yang selama ini dijalankan. Targetnya untuk saat ini adalah mempercepat proses administrasi dan lebih diutamakan dalam input data internal. Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan mulai dari SDM, Software berbasis Website dan penambahan sistem, tahun depan Politeknik Negeri Sriwijaya dapat memberikan pelayanan secara on-line. Mulai dari pendaftaran mahasiswa baru sampai dengan kegiatan akademik.

Kepala ICT, Yudi Wijanarko mengharapkan ke depan sistem ini akan terus berkembang ke arah e-commerce dimana segala kegiatan atau transaksi yang berhubungan dengan Politeknik Negeri Sriwijaya dapat dilakukan dengan cara menggunakan e-mail, Elektronik Data Interchange (EDI) bahkan dengan menggunakan jalur World Wide Web. Banyak keuntungan yang didapatkan apabila kita sudah ber-migrasi ke e-commerce.

Diantaranya adalah :

  • Dapat meningkatkan pangsa pasar (Market Exposure)
  • Menurunkan biaya operasional (Operating Cost)
  • Melebarkan jangkauan (Global reach)
  • Meningkatkan customer loyality
  • Memperpendek waktu transaksi
  • dll

Disamping hal tersebut di atas, dengan e-commerce stakeholder dapat memperoleh berbagai jenis informasi tentang Politeknik Negeri Sriwijaya sesuai dengan kebutuhan mereka.