Pelatihan Kewirausahaan Pelumas dan Perbengkelan

Polsri 27 Juni 2009, Pelatihan Kewirausahaan Pelumas dan Perbengkelan ini merupakan rangkaian program Pertamina yang merupakan merupakan salah satu wujud Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat khususnya di bidang pendidikan. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa pada tanggal 15 Juni 2009 lalu 115 mahasiswa telah menerima Beasiswa dari Pertamina dan mahasiswa penerima beasiswa tersebut akan mengikuti pelatihan Kewirausahaan Pelumas dan Perbengkelan yang akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Pelatihan tahap pertama dilaksanakan tanggal 27, 28 dan 29 Juni 2009 di Jurusan Teknik Mesin yang diikuti oleh 50 mahasiswa. Setelah pelatihan ini akan dilanjutkan tahap ke-2 bagi mahasiswa penerima beasiswa yang belum mengikuti pelatihan dan tahap ke-3 diperuntukan bagi dosen/staf pengajar. Sedangkan jadwal pelatihan untuk tahap ke-2 dan ke-3 masih belum ditentukan secara pasti.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dipandu langsung oleh Hendro Sotanto dan Hendra Wiono dari Asosiasi Instruktur Otomotif Indonesia dengan 2 materi utama yaitu :

  • Informasi Umum yang meliputi factor keselamatan, aturan servis.
  • Perawatan dan Penyetelan
    • Mesin
    • Elistrikan
    • Rangka

Politeknik Negeri Sriwijaya juga menyiapkan sepuluh kendaraan roda dua yang digunakan sebagai sarana praktek bagi peserta pelatihan.