Pelatihan Aplikasi E-Journal

Rabu, Tanggal 10 Juni 2009 Politeknik Negeri Sriwijaya menjadi tuan rumah pelaksana “Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Program e-journal”, yang diikuti 127 Perguruan Tinggi/Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Bagian Selatan.

Acara ini dibuka oleh Ketua Pelaksana sekaligus sebagai Kepala Pelaksana Perpustakaan Polsri, Hj. Nelli Lingga Yunara, SPd. Dalam sambutannya kegiatan yang bekerjasama Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) sebagai program peningkatan kualitas perguruan tinggi melalui pengembangan akses pustaka.

Dr. Ir. Emirhadi Suganda, MSC. yang mewakili Dikti dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan program Depdiknas melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan riset di Perguruan Tinggi melalui pemberian akses ke khasanah pengetahuan dunia yang terkini melalui jurnal ilmiah dan bahan pustaka (Digital journal dan Digital References).

Ditambahkan pula, latar belakang program tersebut adalah untuk meningkatkan kualiltas Perguruan Tinggi secara keseluruhan, meskipun dari waktu ke waktu peringkat perguruan tinggi di Indonesia mengalami peningkatan. Disamping itu jumlah publikasi internasional masih rendah, dan juga inovasi yang telah mendapatkan hak Paten maupun HAKI masih tergolong kurang meski ada peningkatan. Untuk membantu Perguruan Tinggi di Indonesia, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti bekerjasama dengan Provider Internasional (Proquest, Ebsco dan Gale Cengage) memberikan kemudahan kepada perguruan tinggi untuk mengakses berbagai jurnal ilmiah dan bahan pustaka digital yang terbaru.

Sosialisasi dan pelatihan aplikasi program e-journal yang dipandu langsung oleh ProQuest dan Ebsco memberikan penjelasan secara terperinci bagaimana memanfaatkan program ini secara maksimal. Program ini dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen di Perguruan Tinggi untuk membantu dalam penulisan karya ilmiah, skripsi maupun penelitian.

Indikator keberhasilan adalah Indikator inputnya adalah jumlah jurnal internasional yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen di PT akan meningkat.Indikator proses adalah Budaya baca mahasiswa dan Dosen akan meningkat, pembelajaran akan mengalami perbaikan dan peningkatan mutu melalui informasi terbaru dan mutu meningkat, indikator output dan outcome adalah karya ilmiah dan publikasi mahasiswa serta dosen secara nasional dan internasional meningkat jumlah dan kualitasnya.