39 Politeknik Negeri se-Indonesia Bergabung dengan LTMPT

Jakarta, InfoPublik – Sekitar 39 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi bergabung dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ada dua jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi yang bisa dipilih, yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN di luar jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), serta Jalur Seleksi Mandiri.

“Kami membuka seluas-luasnya akses masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi politeknik. Pendaftaran dan seleksi tahun ini pun dilakukan secara online. Jadi silahkan bagi yang ingin melanjutkan ke Politeknik bisa mendaftarkan diri melalui 5 jalur di atas,” kata Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI), Zainal Arief,  Senin (11/1/2021).

Zainal menyebutkan, peserta sebaiknya memperhatikan persyaratan, kelengkapan serta jadwal seleksinya, sebab terdapat lima jalur seleksi yang harus diperhatikan prosesnya. “Agar tidak salah memilih jalur penerimaan, sedapatnya pendaftar mengakses informasi yang tertera pada laman LTMPT dan Pusat Informasi Politeknik Negeri Se-Indonesia melalui laman http://politeknik.or.id/,” katanya.

Menurut Zainal, dengan bergabungnya Politeknik dengan LTMPT ini, secara tidak langsung akan mendukung terbentuknya karakter bersaing di antara calon pendaftar, yaitu lulusan SMA, SMK, MA sederajat.

“Semua bebas memilih ke Perguruan Tinggi mana nantinya akan melanjutkan. Yang menarik untuk dicermati adalah ketika para pendaftar ini sudah mempersiapkan strateginya sembari mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi mana. Dan sekarang keduanya baik akademisi maupun vokasi dapat dipilih secara langsung saat mendaftar,” ujarnya.

Zainal menambahkan, jika SNMPTN dibuka bagi calon pendaftar yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan Sarjana Terapan (Diploma IV), sementara jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan Diploma 3 pendaftar dapat mendaftar pada SNMPN. “Lah, ini kalau disingkat jalurnya hanya berbeda di huruf T saja. Namun jika salah mendaftar bisa fatal karena beda jenjang. Untuk itu telitilah sebelum mendaftar,” imbuhnya.

Selain itu, Zainal juga mengingatkan, agar sekolah segera mengecek status pendataannya di Dapodik dan Pusdatin. Karena jika mengikuti seleksi dari LTMPT, maka data yang akan digunakan adalah kedua data tersebut untuk menentukan kuota sekolah dan sebagainya.

Rekap Dokumentasi Media pada Keg. Sosialisasi SNMPTN 2021

https://www.jpnn.com/news/siswa-smk-bisa-pilih-kampus-negeri-lewat-5-jalur-ini-mohon-disimak

http://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/502234/39-politeknik-negeri-se-indonesia-bergabung-dengan-ltmpt

https://www.antaranews.com/berita/1926860/calon-mahasiswa-bisa-daftar-politeknik-pada-seleksi-ptn-2021

https://www.harianhaluan.com/news/detail/116034/ltmpt-fasilitasi-tes-masuk-politeknik-negeri-2021

https://tirto.id/ketentuan-baru-snmptn-2021-bisa-daftar-politeknik-ptkin-di-ltmpt-f8Rb

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/gNQ5565N-2021-ltmpt-gelar-seleksi-mahasiswa-untuk-40-politeknik-negeri

https://www.republika.co.id/berita/qmrckn368/39-politeknik-negeri-masuk-seleksi-ltmpt

https://news.okezone.com/read/2020/12/12/65/2326443/kini-tes-masuk-politeknik-negeri-dikelola-ltmpt

https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/23/083000871/sbmptn-2020–daftar-lengkap-85-ptn-dan-8-politeknik-negeri-peserta

https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/27/151133271/pilih-politeknik-di-sbmptn-2020-ini-ketentuan-dan-daya-tampung-prodi?page=all