Bupati Muara Enim Lepas 49 orang Mahasiswa Melalui Program BIDIKSIBA

Muara Enim, 4/11/20, Telah dilaksanakan pelepasan mahasiswa bidiksiba yang diselenggarakan oleh PT. Bukit Asam, Tbk di Aula rumah dinas Bupati Muara Enim. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh unsur pemerintah kabupaten Muara Enim, Representasi PT. Bukit Asam, Tbk dan representasi dari Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), yang diwakili oleh Wadir IV Bidang Kerjasama.

Program Beasiswa pendidikan yang diberikan oleh PT.Bukit Asam Tbk, merupakan bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi dan mampu secara akademik dalam wilayah kerja PT.Bukit Asam. Dengan harapan melalui program ini mereka dapat merubah kondisi ekonomi keluarga dengan memiliki keterampilah dan keahlian dibidangnya.

Pada kesempatan tersebut Fempri Sagara selaku General Manager PTBA menyampaikan bahwa program bidiksiba sudah dilaksanakan selama 7 angkatan, yang dimulai dari tahun 2014. Pada tahun ini terdapat 49 mahasiswa/i yang diberikan beasiswa untuk berkuliah di polsri dan polinema. Adapun beasiswa yang diberikan secara penuh, yang meliputi uang perkuliahan, uang saku, asuransi, laptop dan pembiayaan untuk tugas akhir. Dari 49 mahasiswa yang diberikan beasiswa, terbagi kedalam 24 mahasiswa polsri dan 25 mahasiswa polinema. Di akhir sambutannya Fempri menyampaikan harapannya bahwa setelah mahasiswa lulus dari perkuliahan, agar kembali ke Muara Enim untuk membangun Muara Enim.

Zakaria, M.Pd selaku Pudir IV Polsri menyampaikan hingga kini sudah ada 150 mahasiswa bidiksiba yang kuliah di polsri, baik yang sudah lulus maupun masih kuliah. Hampir seluruh mahasiswa bidiksiba yang sudah lulus sudah bekerja, baik bekerja di PT. Bukit Asam ataupun BUMN lainnya/ perusahaan swasta. Dari segi pembinaan mahasiswa bidiksiba, selalu diberikan pembinaan baik segi akademik yang dilakukan langsung oleh jurusan, ataupun pembinaan non akademik yang bersifat rutin.

Sementara Plt Bupati Kab. Muara Enim, H. Juarsyah, S.H., M.H menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya pada PTBA atas kontribusi dalam pendidikan melalui beasiswa. Disamping itu, pemerintah Kabupaten Muara Enim juga memberikan beasiswa kepada 203 peserta didik mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. H. Juarsyah, S.H., M.H juga menyampaikan bahwa mahasiswa bidiksiba harus menjaga kekompakan dan persaudaraan antar mahasiswaa, baik dari kabupaten Muara Enim ataupun dari luar daerah.