POLSRI SIAP KEMBANGKAN KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI DISELARASKAN DENGAN IDUKA

Selasa, 22/09/20; Kegiatan sosialisasi keselarasan kurikulum yang dilaksanakan Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). kegiatan ini dilakukan melalui media daring kegiatan ini melibatkan para alumni yang bekerja di sekitar 20 industri yang ada di Indonesia diantaranya PT. PLN, PT. PUSRI, PT. Lintasartha, PT. Telkom, PT. LEN, PT. GMF, dan Kominfo Sumsel. Ketua Program Studi (PS) D4 Teknik Telekomunikasi Hj. Lindawati, S.T., M.T.I menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para alumni yang berkontribusi untuk pengembangan kurikulum PS Teknik Telekomunikasi dengan tujuan memberikan keselarasan Antara Dunia Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) dan Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV).

“Kegiatan keselarasan industri diinisiasi atas kerjasama Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud dengan Politeknik Negeri Sriwijaya yang bertujuan untuk mendekatkan antara PTV dengan IDUKA melalui pengembangan kurikulum yang relevan dengan industri. Secara teknis dalam pengembangan kurikulum ini, akan diberikan survey kepada mitra industri terkait apa yang perlu dikembangkan atau ditambahkan dalam kurikulum yang ada di Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi”, papar Sopian Soim, S.T., M.T sebagai koordinator kegiatan.

Beberapa masukan dari alumni yang sudah bekerja di industri diantaranya mengenai perlunya mahasiswa mengenal istilah-istilah maupun jobdesk yang ada di industri, karena hal tersebut belum dikenalkan secara teknis kepada mahasiswa. “Industri sudah mengarah ke Industri 4.0 bahkan ke industri 5.0, sehingga digitalisasi menjadi fokus utama dalam pengembangan industri”, papar Vennytha Virgocha dari PT. PLN Batam.

Menurut Arip Andrika dari PT. Telkom kaitannya dengan relevansi kurikulum tersebut, PT. Telkom lebih berfokus pada pengembangan Data Center dan dari sistem jaringan telekomunikasi juga berfokus pada manajemen telekomunikasinya. Memang untuk jenjang Diploma-III lebih fokus ke teknis seperti OSP / ISP / G4, sedangkan untuk Diploma-IV merujuk ke bagian manajemennya, khususnya Manajemen Telekomunikasi.

Beberapa alumni yang terserap di industri teknologi dan perbankan,  memberikan masukan perlunya mahasiswa mempelajari mengenai pemrograman mobile dan teknologi fintech. Juga karena perkembangan teknologi yang sangat cepat, dan semua serba digital diperlukan juga pemahaman mengenai Internet of Things (IoT).

“Setelah kegiatan sosialisasi, agenda selanjutnya adalah survey dan forum group discussion yang akan dishare di grup, mohon untuk dipantau terus. Dan semoga kegiatan ini berjalan lancar hingga akhir kegiatan”, papar Sopian dalam penutupan acara.