Serah terima face shield

Mahasiswa Polsri Membuat Face Shield Untuk Tenaga Kesehatan

Perjuangan tenaga medis di Indonesia dalam merawat pasien positif virus corona maupun menangani pasien yang telah memiliki gejalanya semakin terasa berat dengan kurangnya Alat Pelindung Diri (APD). Salah satu APD yang vital ada pelindung wajah (face shield). Melihat kondisi tersebut, muncul inisiatif dari mahasiswa Polsri, khususnya mahasiswa Teknik Mesin untuk membuat face shield, yang dapat membantu para tenaga medis.

Pembuatan face shield dilakukan oleh 15 orang mahasiswa Teknik Mesin Polsri yang tergabung dalam kelompok studi mahasiswa TP3D (Toke Pempek 3 Dimensi) di bawah naungan HMJ Teknik Mesin POLSRI. Pada proses produksi, mereka diawasi dan dibimbing oleh Dosen Jurusan Teknik Mesin serta mendapat dukungan dari Alumni Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.

Dana pembuatan face shield berasal dari donasi civitas akademika POLSRI, alumni, juga dana csr dari beberapa perusahaan. Pembuatan yang dilakukan memanfaatkan teknologi CNC membantu mahasiswa memproduksi lebih dari 200 face shield sehari. Face shield yang sudah diproduksi disalurkan ke beberapa puskesmas dan rumah sakit baik di kota Palembang maupun Kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Termasuk dalam rencana ke depannya, pelindung wajah tersebut juga akan disalurkan ke luar Propinsi Sumatera Selatan, diantaranya Bengkulu, Lampung dan Sumatera Barat.

Sumber: UKM-WPS