Ratusan Mahasiswa Polsri Ikuti Pembekalan dan Uji Sertifikasi Bidang Jasa Konstruksi

Palembang, 28/10/2019 – Ratusan mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya mengikuti kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi mahasiswa terampil tingkat I (SKT) Bidang Jasa Konstruksi di graha Pendidikan Polsri. Acara dilaksanakan pada tanggal 28-29 Oktober 2019.

Pembekalan dan uji sertifikasi yang bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, itu dalam rangka menfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi di bidang kontruksi dan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai bidang keahlian.

Peserta sebanyak 395 mahasiswa dari jurusan Teknik sipil, Teknik mesin dan Teknik elektro polsri. Pembekalan akan diberikan oleh dosen polsri dan balai jasa konstruksi kementerian PUPR. Uji Sertifikasi dilaksanakan secara gratis. Jika lulus, mahasiswa polsri akan memiliki Sertifikat Keterampilan (SKT) Tingkat I Bidang Jasa Konstruksi.

Direktur Polsri  mengatakan bahwa sesuai dengan rencana Pendidikan khusunya Pendidikan vokasi, mahasiswa polsri telah diberikan kurikulum sesuai kebutuhan industri/relevansi dengan kebutuhan dunia kerja/usaha. Dan pemerintah harus menjamin kompetensi yang dimiliki dan up to date dalam setiap proses pendidikan dengan salah satunya sertifikasi sesuai dalam UU no 2 tahun 2017.

Kementerian PUPR melalui direktorat jenderal untuk proses sertifikasi LPJK , bahwa sertifikasi yang dilakukan untuk pelaksana tenaga pekerjaan, pengawas lapangan, juru ukur pemetaan, teknisi instalasi listrik dan pelaksana tenaga pekerjaan mekanikal.

“Kita berharap pada pembekalan ini, para mahasiswa dapat mengikuti dengan seksama. Bahwa keterampilan dalam proses pembelajaran suatu kekuatan utama mahasiswa. Pelatihan ini menjelaskan juga metoda, prosedur yang benar-benar dapat di validasi dan dinyatakan layak dan berkompeten dan targetkan tahun ini harus 100% lulus seperti tahun sebelumnya.”ungkapnya.