POLSRI WISUDA 1.918 Lulusan D3 hingga S2

Minggu, 25/8/2019, Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)  Menggelar Acara Wisuda ke-35. Sebanyak 1918 orang wisudawan terdiri dari Diploma (D3) berjumlah 1321 orang, Sarjana Terapan (D4) Sebanyak 585 Orang dan Magister (S2) Terapan 12 orang.

Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Ahmad Taqwa mengungkapkan, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan yang harus dihadapi alumni. Sehingga dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam ilmu yang ditekuninya termasuk ilmu berbahasa asing dan penguasaan informasi teknologi (IT). Untuk itu teruslah berlajar dan belajar tanpa mengenal tempat dan waktu. “Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat” ujarnya.

Selama di Poslri, mahasiswa selaku calon pemimpin bangsa telah ditempa dengan Pendidikan bidang soft skill meliputi kedisiplinan dalam bentuk DIKSARLIN, kepemimpinan, organisasi, karakter, minat dan bakat. Sedangkan Pendidikan Hard skill meliputi pembelajaran ipteks baik teori praktis maupun praktek di lab/bengkel termasuk kerja praktek di industry/perusahaan dengan metode Pendidikan tersebut, Polsri yakin para wisudawan akan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang terampil, siap kerja dan usaha serta mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif.

Selain itu juga, Program penelitian sebagai upaya pengembangan dosen dan institusi menjadi perhatian serius bagi Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). Tahun ini, total dana penelitian dan pengabdian yang diterima dosen Polsri mencapai Rp3,671 miliar. Dana tersebut diberikan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) RI berdasarkan dari jumlah judul dan orang yang meneliti.

Direktur Polsri Dr. Dipl. Ing Ahmad Taqwa, M.T menjelaskan, kegiatan meneliti merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Melalui penelitian, banyak hasil dan dampak yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni termasuk mengembangkan Pendidikan.

Sebagai sarana mendiseminasi luaran penelitian dan pengabdian, pada Oktober 2019 yang akan datang Polsri akan menyelenggarakan konferensi Internasional penelitian FIRST (Forum in Research, science and Technology) yang ketiga . Selain itu Polsri juga akan menyelenggarakan seminar nasional pengabdian kepada masyarakat SNAPTEKMAS (Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Kepada Masyarakat). Semua upaya ini dimaksudkan untuk meningkatkan capaian hasil penelitian, pengabdian dan juga luaran /publikasi bagi dosen Polsri