Menristek Dikti Membuka acara SNAV-VIII dan OAV-III Tahun 2019 di Polsri

Palembang, 18 Juni 2019, Pembukaan Simposium Akuntansi Vokasi (SNAV)- VIII dan Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) – III tahun 2019, acara ini merupakan kegiatan tahunan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang diselenggarakan secara berbagantian oleh politeknik yang ada di Indonesia, pada tahun 2019 SNAV-VIII dan OAV-III Polteknik Negeri Sriwijaya (Polsri) dipilih IAI sebagai pelaksana kegiatan ini.

Pada SNAV-VIII dan OAV-III ini acara pembukaan diselenggarakan di Hotel Swarna Dwipa Palembang yang di buka langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bapak Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. dan didampingi oleh Dirjen Kelembagaan bapak Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. Pak Menristek juga selaku Pembicara dalam acara tersebut. Dalam acara pembukaan SNAV-VIII dan OAV-III turut hadir Gubernur Sum-Sel, Bupati OKU, Stake Holder Indutri dan Para delegasi Politeknik dan Universitas penyelenggara pendidikan Vokasi Akuntansi.

Kegiatan ini dibagi dalam dua kelompok untuk dosen dilakukan seminar SNAV-VIII sedangkan untuk mahasiswa OAV-III, acara ini diselenggarakan dari tanggal 18 – 20 Juni 2019, SNAV bertempat di Hotel Swarna Dwipa Pelembang sedangkan untuk OAV-III di kampus Polsri.

Dalam materi paparan Moh. Nasir menyampaikan perkembangan era revolusi industri 4.0 ini perguruan tinggi penyelenggara pendidikan Vokasi dituntut untuk mengembangkan pola pembelajaran dengan berbasis teknologi jika tidak merevolusi pola pembelajaran tentu akan ketinggalan dengan Negara – Negara lain, karena di cina saat ini sudah revolusi 5.0, tentu dengan cepatnya perkembangan teknologi kita harus meroba pola kita bukan hanya teknologi pembelajaran tetapi pengembangan kurikulum juga harus teritegrasi dengan Industri.

Dengan kemajuan pola ini tentu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi bangsa Moh. Nasir Mencontohkan, kita lihat saat ini pusat bisnis sudah di gantungkan dengan teknologi seperti Toko Pedia, Tiket.com, Traveloka, Gojek dll semua layanan sudah tersedia sera Online kita lebih gampang melakukan transaksi bahkan kelining servicepun sudah bisa dipesan secara online.

Pada SNAV – VIII ini sengaja dia datang ke Palembang untuk mendorong para perguruan tinggi Vokasi khususnya politeknik untuk mengembangkan metode akuntan yang berbasis teknologi, jika ini sudah berjalan semua intansi akan lebih mudah untuk memantau pertumbuhan transaksi yang dilakukan termasuk serapan anggaran bisa di monitor secara online walau berjarak dari beberapa pulau tentu ini akan terjadi episiensi waktu dalam penyusunan laporan dan juga akan menimalisir terjadinya kecurangan, bahkan jika terjadi kesalahan lebih mudah dipantau secara elektronik. Pungkasnya.

Moh. Nasir setelah menyampaikan paparannya lebih kurang 1 jam kemudian langsung meninggalkan ruangan acara menuju bandara untuk kembali ke Jakarta.