Sosialisasi Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2019

Rabu, 10/4/2019. acara sosialisasi lomba parade cinta tanah air (PCTA) 2019 dilaksanakan di Politeknik Negeri Sriwijaya tepatnya di Aula KPA Polsri. Acara dihadiri oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia bersama alumni PCTA.

Wakil Direktur III, Ir. Irawan Rusnadi. Program PCTA ini merupakan salah satu program kementerian Pertahanan RI untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak-anak muda. Kemenristekdikti sebelumnya ada program juga bela negara. Bentuk bela negara bagi mahasiswa tidak harus membawa senjata, belajar dengan baik dan berprestasi juga merupakan bentuk bela negara.

Perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kolonel Inf Jefri Buang mengatakan Alumni PCTA kurang lebih berjumlah 400 orang baik dari SMA maupun perguruan tinggi. Dan PCTA ini telah berdiri dari tahun 2012. Mulai tahun 2018 sampai saat ini yang di cari ialah karya inovasi. Membuat sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.

“Generasi milenial berfikir kreatif merupakan salah satu bentuk cinta tanah air” ungkapnya. Mahasiswa itu harus Cerdas dalam bersosial media, cerdas dalam melihat berita hoax dan tidak mudah menshare informasi yang belum diketahui kebenarannya.

Materi lomba dibawakan oleh pengurus alumni PCTA yang dimulai dengan moto “PCTA…Kami siap bela negara”. Pengurus alumni ini juga terdiri dari beberapa universitas di Palembang. Lomba PCTA ini sendiri akan dilaksanakan bulan juli atau agustus. Sebelum parade dilaksanakan akan ada Pra lomba dimana kriteria kreatifitas/ inovasi, salah satunya bersifat orisinil dan bahan baku mudah didapat. Sebelum acara parade akan diadakan pra lomba dengan mengumpulkan semi-abstrak. Adapun jenis inovasi misal kuliner, otomotif, agrobisnis, Teknologi Informatika/elektronika, kerajinan tangan, sains , dll