Polsri Tanda Tangani MoU dengan Kemenag RI terkait dengan Jaminan Produk Halal

Dalam penandatanganana MoU tersebut di hadiri langsung oleh kepala BPJPH Kemenag RI Prof. Dr. Ir. Sukoso, M.Sc. Ph.D. dan Direktur Polsri Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M.T. serta disaksikan oleh unsur Pimpinan di Lingkungan Polsri, Mahasiswa Polsri dan Kemenag Sumsel.

Jum’at/1/3/19, Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama RI dalam rangka pendirinan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Polsri dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) kemenag RI.

Nota kesepahaman ini ditandatangani sebagai implementasi UU Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Kepala BPJPH dalam sambutannya menyampikan UU ini harus dijalankan mulai bulan Juli 2019 dengan kebutuhan auditor sebanyak 25000 orang sedangkan saat ini baru hanya memiliki sekitaran 1000 orang auditor termasuk tiga orang dari Polsri ujarnya.

Auditor produk halal ini bukan hanya mengaudit produknya saja tetapi dari proses dan bahan prosesnyapun ikut di audit sehingga hasilnya auditor tersebut disampaikan ke Kemenag RI kemudian dari Kemenag akan diteruskan ke MUI untuk Patwa Halal, baru setelah ada hasil dari MUI Kemenag RI mengeluarkan Sertifikat Halal.

Direktur Polsri Dr. Ing.Ahmad Taqwa menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPJPH yang telah mempercayai Polsri untuk berpartisipasi dalam melakukan audit halal karena ini bagian yang tidak terpisahkan sebagai pengabdian kepada masyarakat terkait dengan Tridarma Perguruan Tinggi, Bahkan BPJPH ini berperan untuk memperkuat ekonomi bangsa dalam bersaing di tingkat internasional karena produk luar Negeri terus menjamur masuk ke Negara kita sedangkan produk dari Negara kita sebagian tidak bisa masuk ke Negara lain karena karena salah satu faktornya jaminan Halal ini ujarnya.