Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2009

Setiap kali memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kita akan mengenang seorang tokoh nasional yang sangat berjasa dalam pembangunan pendidikan nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara. Pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia yang telah berjuang dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Semboyan beliau “Ing Ngarso Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” yang mengandung arti “Di depan memberikan teladan, Di tengah-tengah membangkitkan semangat, Di belakang memberikan dorongan” sampai sekarang masih relevan dan terus dikumandangkan oleh seluruh generasi muda bangsa ini.

Hardiknas

Hardiknas

Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei bukan hanya untuk mengenang beliau, tetapi juga meneladani perjuangan beliau meletakkan dasar dasar pendidikan di Indonesia.

Tema Hardiknas tahun ini ialah “Pendidikan Sains, Teknologi dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. Tema tersebut disampaikan dalam sambutan Menteri Pendidikan Nasional pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2009 yang dibacakan oleh Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya selaku Pembina Upacaradi Lapangan Upacara Politeknik Negeri Sriwijaya.

Dalam sambutan tersebut Menteri Pendidikan Nasional mengingatkan kepada kita semua tentang perubahan dan perkembangan serta kemajuan iptek serta teknologi informasi dan komunikasi yang menyebabkan persaingan antar bangsa semakin ketat dalam era globalisasi. Untuk menghadapi hal tersebut, tiada lain yang harus dilakukan kecuali dengan meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan daya saing bangsa Indonesia melalui pendidikan untuk semua yang bermutu. Dengan hasil akhir Sumber Daya Manusia yang Unggul untuk memajukan Bangsa ini.

Hardiknas

Hardiknas

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Sriwijaya.