Polsri Upacara Peringati hari Lahir Pancasila

Pembantu Direktur III Ir. Irawan Rusnadi, MT. selaku Pembina  upacara memperingati hari lahir Pancasila di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). Dalam upacara, Irawan Rusnadi membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2018.

Dalam sambutan tersebut, Presiden Joko Widodo yang diwakili oleh Pembantu Direktur III Polsri mengingatkan kemerdekaan Indonesia akan memasuki tahun ke-73.

“Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya, ujar irawan di lapangan Parkir Kantor Pusat Administrasi Polsri, Jumat (1/6/2018).

Lanjut dia, selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah bagi warga Indonesia yang berbineka Tunggal Ika.”Insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.

Presiden Jokowi, melalui sambutan yang dibacakan Irawan, juga mengingatkan sejarah Pancasila dihasilkan dari para pejuang bangsa.

“Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 2018”.