Workshop Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2018

Palembang, 21/3/18. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah melakukan berbagai program dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru di Perguruan Tinggi. Program-program tersebut meliputi Program Co-op UMKM, PKMK dan program lainnya yang ada di Perguruan Tinggi masing-masing. Sejak tahun 2009, diluncurkan program Mahasiswa Wirausaha (PMW), untuk memberikan bantuan modal bagi mahasiswa yang sudah memiliki keterampilan berwirausaha dari berbagai program sebelumnya dan sudah memulai usahanya. Pada tahun 2017, program PMW direvitalisasi menjadi Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dengan pengelolaan secara sentraliasi.

Program KBMI, dimaksudkan untuk pengembangan usaha. Fasilitas yang diberikan dalam bentuk dukungan permodalan dari Kemenristekdikti dan pendampingan usaha dari Perguruan Tinggi.

Bertempat di Aula Gedung KPA Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) acara Work Shop Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kerjasama dengan Polsri. Acara yang diselenggarakan di 9 Perguruan tinggi di Indonesia dan salah satunya di Kampus Polsri.

Acara workshop ini di ikuti oleh 175 peserta yang hadir dari Politeknik Anika Palembang, Politeknik Darusalam Palembang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras Lampung, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacana lampung, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Sriwijaya dan Universitas Tridinati Palembang.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa sehingga mampu menyusun proposal pengembangan bisnis yang sedang dilakukan. Rencana pengembangan bisnis yang disusun nantinya dapat menjadi usulan untuk mendapatkan sumber pendanaan. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan Workshop Kewirausahaan ini antara lain agar peserta Memahami Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia secara utuh, Mampu membuat proposal pengembangan bisnis yang baik sesuai dengan tujuan program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia dan Mampu menganalisis dan mengimplementasikan elemen-elemen kunci dalam pengembangan bisnis.