Category Archives: Berita

A20W2169

POLSRI SIAPKAN NASKAH AKADEMIK KEMANDIRIAN PDD Kabupaten OKU Sum-Sel

A20W2198Baturaja Oku, 30 Agustus, Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI) menggelar Workshop Penyusunan Dokumen Akademi Kumunitas Pendidikan Diluar Domisili (PDD)  Politeknik Negeri Sriwijaya  rintisan pendirian Akademi Komunitas Negeri OKU. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 Agustus – 1 September 2016, diikuti oleh 29 orang  peserta yang berasal dari tenaga pendidik dan pengelola PDD. Workshop ini bertujuan untuk menyiapkan naskah akademik dalam rangka penyiapan kemandirian PDD OKU Menjadi Akademi Komunitas Negeri. Acara ini dibuka oleh Bupati Oku yang diwakili oleh Sekretaris daerah  H. Marwan, SE.,M.M.A20W2164

Dalam sambutannya H Marwan mengatakan Pemerintah daerah kabupaten dan masyarakat  berkomitmen untuk mendukung semua program terobosan yang berhubungan dengan penguatan sistem pendidikan tinggi pada lembaga pendidikan AKN. Dalam persiapan kemandirian PDD menjadi Akademi Komunitas Negeri OKU, Pemkab OKU telah menyiapkan Lahan yang seluas lebih kurang 6 hektar termasuk bangunanannya, tinggal tahun depan untuk melakukan perbaikan sedikit sebelum gedung ini digunakan sebagai kampus AKN OKU, fasilitas pendukungpun sudah tersedia termasuk ruang Klinik, mess, Aula, tempat ibadah dan juga ruang kelas. Dengan fasilitas yang ada, diharapkan PDD OKU ini cepat mandiri sehingga masyarakat oku bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke kota lain karena untuk meningkatkan SDM yang memiliki keahlian terapan sudah tersedia di OKU ujarnya.

Pendirian Akademi Komunitas Negeri di Oku memiliki 4 tujuan pokok, pertama untuk memperluas akses layanan pendidikan tinggi. kedua untuk membangun kompetensi teknis yang diselaraskan dengan optomalisasi tatakelola potensi daerah yang berorientasi pada pembentukan Leading Sector. ketiga mendukung program pemerintah pusat dalam membangun kualitas SDM dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada di daera. dan keempat menata dan memantapkan fungsi wilayah kabupaten Oku sebagai pusat pendidikan bagi daerah sekitar.

A20W2185Sumber daya alam di kabupaten OKU yang melimpah saat ini belum mampu di kelola dengan baik karena terkendala oleh tenaga – tenaga ahli yang dimiliki saat ini belum mencukupi, salah satu harapan sdm yang dihasilkan dari pdd ini mampu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengelola sumberdaya alam yang ada lebih optimal lagi, tentu ini akan berdampak pada peningkatan tarap ekonomi masyarakat lebih baik lagi.A20W2235Direktur Polsri Dr.Ing. Ahmad Taqwa, M.T. menyampaikan Polsri  siap mengawal dan membantu dalam rangka penegerian PDD yang saat ini dibawah binaan Polsri akan menjadi Akademi Komunitas Negeri, termasuk salah satu kegiatan yang di lakukan hari ini adalah untuk menyiapkan naskah akademik kemandirian PDD oku. Harapan yang besar dukungan dari pemerintah daerah sangat berperan penting untuk percepatan kemandirian, keseriusan dari pihak pengelola di daerah yang diamanahkan dalam undang – undang pendidikan tinggi nomor 12 tahun 2012 untuk mengembangkan pendidikan D1 dan D2 dikabupaten kota akan terwujud.A20W2244

Direktur polsri bersama dengan Sekretaris daerah, kepala dinas pendidikan, kepala dinas pertanahan dan unsur muspida yang terkait meninjau langsung lokasi dan bangunan yang akan di hibahkan ke kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi untuk digunakan sebagai kampus utama AKN OKU Sumatera selatan.

A20W1879

Polsri Melantik 1.529 orang alumni Baru tahun 2016

A20W1607 POLITEKNIK Negeri Sriwijaya (POLSRI) kembali menggelar kegiatan Prosesi Wisuda untuk para alumni baru, Minggu (28/8) bertempat di Halaman Kampus Polsri. Untuk tahun ini, Polsri mewisuda sejumlah 1529 Wisudawan-wisudawati, yang terdiri dari Program Diploma (D 3) berjumlah 1143 orang, Program Sarjana Terapan (D 4) sebanyak 165 orang, dan Pendidikan diluar Domisili kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/kota untuk Program D 2 sebanyak 209 orang, dan Program D 1 sebanyak 12 orang.

Dalam sambutannya Direktur Polsri DR. Ing. Ahmad Taqwa,M.T mengatakan dengan diwisudanya alumni baru Polsri pada hari tersebut, maka Total alumni dari sejak berdirinya Polsri pada tahun 1982 adalah sejumlah 25.486 orang yang telah berkiprah dalam berbagai profesi ditingkat Nasional dan Internasional, terutama dikawasan negara-negara Teluk Timur Tengah dalam bidang Industri Minyak dan Gas.A20W1595A20W1612

“melalui penerapan sistem pembelajaran terpadu, tingkat penerimaan alumni Polsri dipasaran kerja sangat baik. Berdasarkan hasil study pelacakan (tracer study) Politeknik Negeri Sriwijaya pada Survey terakhir, didapat Data Jumlah Alumni yang langsung bekerja (dipesan perusahaan) sebanyak 18,1 persen, jumlah alumni yang mempunyai masa tunggu 3 bulan adalah sebanyak 39,11 persen, jumlah alumni yang mempunyai masa tunggu 3 hingga 6 bulan sebanyak 34,67 persen, jumlah alumni yang mempunyai masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 7,21 persen, dan jumlah alumni yang mempunyai masa tunggu kerja lebih dari 12 bulan sebanyak 0,8 persen. Posisi alumni bekerja sebagian besar di BUMN 46,8 persen, PNS 11,3 persen, perusahaan swasta Nasional 36,3 persen, perusahaan swasta Internasional 1,52 persen dan sisanya Wirausaha (entrepreneur) sebanyak 3,88 persen ” ungkap Ahmad Taqwa.

“untuk mendukung proses pembelajaran, diperlukan peningkatan pelayanan dan tata kelola serta pengembangan Organisasi. Hal ini diwujudkan oleh Polsri secara kelembagaan dengan dicapainya Manajemen Mutu yang mendapat Sertifikasi ISO 9001-2008. Selain itu Polsri terus meningkatkan failitas pendukung Laboratorium/Bengkel yang dilengkapi dengan mesin dan peralatan yang Relevan dengan kebutuhan Industri, dan juga meningkatkan mutu layanan dengan beberapa Laboratorium unggulan seperti Labortorium Batubara bersertifikasi ISO 17025, Laboratorium Power Plat bersertifikasi Scneider, Laboratorium jaringan bersertifikasi Cisco Academy taraf Internasional, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Lisensi LSP-PM dan BNSP, LSP TUK Kearsipan/perkantoran lisensi BNSP, peningkatan Hotspot akses internet untuk dukungan mutu layanan sebanyak 73 unit dengan Bandwidth 200 Mbps,” tambah Ahmad Taqwa.

A20W1785A20W1613

Peningkatan animo masyarakat untuk masuk Polsri setiap tahun semakin meningkat. Pada tahun ajaran 2016/2017 peminat yang mendaftar secara Online sebanyak 37.245 orang, bahkan ada peminat dari luar negeri yang berasal dari 13 negara. Keberhasilan Polsri menjaring banyak peminat dan mudahnya alumni diterima di pasaran kerja, tidak terlepas dari proses pendidikan, sarana prasarana dan dukungan pemerintah serta stakeholder. Salah satu bentuk dukungan yang diterima Polsri, pada tahun ajaran 2015/2016 mahasiswa mendapat beasiswa sebanyak 725 orang, meliputi beasiswa PPA, BBM, PT PGN, PT Pama Persada dan Yayasan Supersemar. Disamping beasiswa tersebut, Polsri mendapat kepercayaan dari Kemenristekdikti untuk menyalurkan beasiswa Bidik Misi, dimana 134 orang mahasiswa yang mendapat beasiswa Bidik Misi telah diwisuda pada hari tersebut.

Wakil gubernur Ishak Meki dalam sambutanya pada acara wisuda ke-32 polsri tahun ini berharap kepada para wisudawan untuk berkiprah di dunia industri karena polsri telah membekali para alumninya ilmu yang berbasis terapan sehingga dapat memberikan kemampuan SDM yang mampu bersaing diera MEA sekarang ini tentu akan berdampak positif bagi negara dan hususnya di sumsel.

A20W1019

Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M.T., Lantik 2160 Mahasiswa Baru TA 2016/2017

A20W1031POLITEKNIK Negeri Sriwijaya (POLSRI) melaksanakan kegiatan Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (SisDikti) sekaligus melantik secara resmi mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 dalam sidang senat khusus terbuka, Selasa (23/8) bertempat di Graha Pendidikan dan Gedung Fasilitas Umum Polsri. Kegiatan perkenalan SISDIKTI ini merupakan bagian dari prosesi pelaksanaan Diksarlin bagi mahasiswa baru Polsri. Sebelumnya mahasiswa baru TA 2016/2017 ini telah mengikuti Pendidikan Dasar Kedisiplinan (DIKSARLIN) yang dilaksanakan di Markas Ajudan Jenderal Komando Daerah Militer II Sriwijaya dari tanggal 1 sampai 10 Agustus yang terbagi dalam 2 gelombang, gelombang I tanggal 1 hingga 5 Agustus 2016, dan Gelombang II tanggal 6 hingga 10 Agustus 2016.

A20W1072

Untuk tahun ini, penerimaan mahasiswa baru POLSRI dilakukan melalui 3 jalur, yaitu jalur Undangan atau lebih dikenal dengan penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDKPN), jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), dan jalur mandiri meliputi, jalur kerjasama Garuda Maintenance Facilities (GMF) Aeroasia, jalur kerjasama PT PLN, dan jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM), sehingga total keseluruhan sebanyak 2160 calon mahasiswa. Dari 3 jalur tersebut, termasuk didalamnya penerimaan Program bantuan Pendidikan diantaranya, Bidikmisi, Bidiksiba, Bidiksitel, program lintas Politeknik Negeri, program mahasiswa Internasional, dan program Afirmasi Pendidikan (Adik) dari Papua dan daerah 3T.

Direktur Polsri Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M.T. mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari isi Statuta dan peraturan akademik Polsri, yang mengamanatkan bahwa mahasiswa baru harus secara resmi diterima oleh senat pada setiap awal tahun ajaran baru untuk mengubah status mereka dari Calon Mahsiswa menjadi Mahasiswa Polsri, yang dilanjutkan dengan prosesi pengenalan SISDIKTI POLSRI.

Diharapkan Nantinya setelah mengikuti pengenalan SISDIKTI ini mereka benar-benar siap menghadapi masa-masa perkuliahan di POLSRI, mereka akan lebih mudah mengenal arah kemana mereka nantinya akan melakukan sistem perkuliahan yang ada, karena di POLSRI lebih mengedepankan praktek daripada teori, sehingga mereka menghadapi perkuliahan dengan rasa yang riang gembira.

Dari 2160 mahasiswa Polsri TA 2016/2017 ini tersebar di 11 program Studi Diploma III, 11 Program Studi Sarjana Terapan, serta mahasiswa lama yang belum lulus atau belum mengikuti kegiatan Diksarlin dan Sisdikti tahun sebelumnya. Melalui kegiatan pengenalan SISDIKTI ini diharapkan mahasiswa baru akan memperoleh bekal mengnai sistem yang berlaku di Dunia Perguruan Tinggi, khususnya di POLSRI, serta wawasan tentang dunia kerja dan usaha yang akan dihadapi setelah selesai menempuh pendidikan di POLSRI.